Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 29 Januari, Ini Daftarnya

Foto: Thomas Stamford Raffles (wikipedia.org)

Murianews, Kudus – Ada beragam catatan sejarah dan momen penting yang terjadi pada tanggal 29 Januari dari tahun ke tahun. Selain dari dalam negeri, ada banyak catatan sejarah yang terjadi di berbagai negara lainnya.

Salah satunya adalah Thomas Stamford Raffles mendarat di pulau Tumasik yang sekarang dikenal sebagai Singapura pada tahun 1819.

Sir Thomas Stamford Bingley Raffles FRS (6 Juli 1781 – 5 Juli 1826) adalah seorang negarawan Inggris, Gubernur Jenderal Hindia Belanda (1811–1816), dan Letnan Gubernur Bencoolen (1818–1824); yang sangat terkenal dikarenakan mampu membawa pendirian Malaysia dan Singapura yang lebih maju dan modern.

Baca juga: Catatan Sejarah dan Momen Penting Tanggal 28 Januari, Ini Daftarnya

Raffles sangat terlibat dalam perebutan pulau Jawa di Indonesia dari Belanda selama Perang Napoleon, dan menjalankan operasi sehari-hari di Singapura. Ia juga menulis The History of Java (1817).

Tidak banyak yang diketahui tentang orang tua Raffles. Ayahnya, Kapten Benjamin Raffles, terlibat perdagangan budak di Kepulauan Karibia dan meninggal mendadak ketika Thomas masih berusia 15 tahun, sehingga keluarganya terperangkap di dalam hutang.

Ia langsung mulai bekerja sebagai seorang juru tulis di London untuk Perusahaan Hindia Timur Britania, perusahaan dagang setengah-pemerintah yang banyak berperan di dalam penaklukan-penaklukan yang dilakukan oleh Inggris di negara lain. Pada 1805 ia dikirim ke pulau yang kini dikenal sebagai Penang, di negara Malaysia, yang saat itu masih bernama Pulau Pangeran Wales. Itulah awal-mula hubungannya dengan Asia Tenggara.

Raffles diangkat sebagai Letnan Gubernur Jawa pada tahun 1811, ketika Kerajaan Inggris mengambil alih jajahan-jajahan Kerajaan Belanda dan ia tidak lama kemudian dipromosikan sebagai Gubernur Sumatra, ketika Kerajaan Belanda diduduki oleh Napoleon Bonaparte dari Prancis.

Sewaktu Raffles menjabat sebagai penguasa Hindia Belanda, ia telah mengusahakan banyak hal, yang mana antara lain adalah sebagai berikut: dia mengintroduksi otonomi terbatas, menghentikan perdagangan budak, mereformasi sistem pertanahan pemerintah kolonial Belanda, menyelidiki flora dan fauna Indonesia, meneliti peninggalan-peninggalan kuno seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Sastra Jawa serta banyak hal lainnya.

Tidak hanya itu, demi meneliti dokumen-dokumen sejarah Melayu yang mengilhami pencarian Raffles akan Candi Borobudur, ia pun kemudian belajar sendiri Bahasa Melayu. Mendeskripsikan berbagai jenis hewan di Nusantara seperti monyet kra, siamang, pelanduk kancil, beruang madu, lutung kelabu, tupai tanah, dan simpai.

Hasil penelitiannya di pulau Jawa dituliskannya pada sebuah buku berjudul: History of Java, yang menceritakan mengenai sejarah pulau Jawa. Dalam melakukan penelitiannya, Raffles dibantu oleh dua orang asistennya yaitu: John Crawfurd dan Kolonel Colin Mackenzie.

Istri Raffles, Olivia Mariamne, wafat pada tanggal 26 November 1814 di Buitenzorg dan dimakamkan di Batavia, tepatnya di tempat yang sekarang menjadi Museum Prasasti. Di Kebun Raya Bogor dibangun monumen peringatan untuk mengenang kematian sang istri.

Berikut daftar sejarah lainnya tanggal 29 Januari, seperti dilansir dari Wikipedia:

661

Khulafaur Rasyidin berakhir dengan kematian Khalifah Ali bin Abi Thalib.

757

An Lushan, pemimpin pemberontakan melawan Dinasti Tang dan Kaisar Yan, dibunuh oleh anaknya sendiri, An Qingxu.

1595

Romeo dan Juliet, sebuah sandiwara terkenal karya William Shakespeare, mungkin dipertunjukkan untuk pertama kalinya pada hari ini.

1819

Thomas Stamford Raffles mendarat di pulau Tumasik yang sekarang dikenal sebagai Singapura.

1856

Ratu Victoria mengeluarkan Surat Perintah bertandatangan dirinya secara manual yang menetapkan penganugerahan bintang jasa Victoria Cross bagi personel militer Inggris yang berjuang dengan gagah berani selama Perang Krimea.

1861

Kansas masuk ke dalam Amerika Serikat sebagai negara bagian ke-34.

1863

Pembantaian Sungai Beruang (The Bear River Massacre): Detasemen AD AS California Volunteers dipimpin oleh Colonel Patrick Edward Connor menyerang suku Indian Shoshone di Bear River, Washington Territory (sekarang Idaho), menewaskan ratusan orang, termasuk perempuan dan anak-anak.

1886

Karl Benz mempatenkan mobil bermesin bensin pertama.

1891

Liliuokalani menjadi ratu Hawaii yang terakhir.

1907

Charles Curtis dari Kansas menjadi Senator AS pertama yang berasal dari keturunan suku Indian (Native American).

1916

Perang Dunia I: Paris dibom dengan balon zeppelin Jerman untuk pertama kalinya.

1918

Perang Ukrainia–Uni Soviet: Tentara Merah Bolshevik, dalam perjalanan mengepung Kiev, bertempur dengan sekelompok kecil tentara pelajar di Pertempuran Kruty.

1918

Perang Ukrainia–Uni Soviet: Pemberontakan bersernjata yang diorganisir oleh kaum Bolshevik untuk mengantisipasi Tentara Merah yang melampaui batas bermula di Gudang Senjata Kiev, yang baru dipadamkan 6 hari kemudian.

1933

Presiden Jerman Paul von Hindenburg melantik Adolf Hitler sebagai Kanselir Jerman.

1940

Tiga kereta api di Jalur Sakurajima di Osaka, Jepang, saling bertabrakan dan meledak ketika mendekati stasiun Ajikawaguchi. 181 orang tewas.

1941

Alexandros Koryzis dilantik menjadi Perdana Menteri Yunani selepas kematian mendadak pendahulunya, diktator Ioannis Metaxas.

1943

Perang Dunia II: Hari pertama Pertempuran Pulau Rennell, kapal penjelajah AS USS Chicago ditorpedo oleh pesawat pembom torpedo Jepang dan rusak berat.

1944

Perang Dunia II: Sekitar 38 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka ketika desa Koniuchy, Polandia (sekarang Kaniūkai, Lithuania) diserang oleh pasukan partisan Uni Soviet.

1944

Perang Dunia II: Di Bologna, Italia, Teater Anatomi Archiginnasio dihancurkan dalam sebuah serangan udara Sekutu.

1959

Perilisan Sleeping Beauty, film animasi berdasarkan dongeng terakhir yang diproduksi Walt Disney.

1962

Hari lahirnya Abdullah Gymnastiar, pendakwah agama Islam.

1964

Olimpiade Musim Dingin 1964 dibuka di Innsbruck-Austria.

1976

Kota Cimahi di tetapkan sebagai kota administratif.

1989

Hongaria menjalin hubungan diplomatik dengan Korea Selatan, menjadikannya negara Blok Timur yang pertama melakukannya.

1991

Perang Teluk I: Pertempuran Khafji, kontak senjata darat utama yang pertama, dan yang paling berdarah, selama Perang Teluk I, dimulai.

1996

Presiden Prancis Jacques Chirac mengumumkan penghentian definitif uji coba senjata nuklir Prancis.

2001

Ribuan demonstran mahasiswa di Indonesia menyerbu Gedung MPR/DPR dan meminta Presiden Indonesia Abdurrahman Wahid mengundurkan diri karena tuduhan skandal korupsi.

2002

Presiden Amerika Serikat George W. Bush menamai “rezim pendukung teror” sebagai Poros Setan, meliputi Iraq, Iran dan Korea Utara.

2011

Tim nasional sepak bola Jepang menjuarai Piala Asia AFC 2011 setelah mengalahkan Tim nasional sepak bola Australia dengan skor 1-0 setelah perpanjangan waktu.

2014

Elvira Devinamira memenangi ajang Puteri Indonesia 2014.

2015

Malaysia secara resmi mengumumkan hilangnya pesawat komersial Malaysia Airlines penerbangan MH370 karena kecelakaan dan seluruh awak dan penumpangnya diduga tewas.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: wikipedia.org

belajar sejarahcatatan sejarahjangan lupa sejarahmomen penting 29 januarisejarahSejarah DuniaThomas Stamford Raffles