Bikin Jalan Rusak, Pembangunan Jembatan Glapan Grobogan Dikeluhkan

Jalan rusak penghubung antara Desa Glapan, Kecamatan Gubug – Ngambakrejo, Kecamatan Kedungjati, Grobogan, dikeluhkan warga. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Grobogan – Pembangunan Jembatan Glapan, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dikeluhkan. Sebabnya, akibat proyek itu, jalan pengubung Gubug-Kedungjati rusak.

Di ketahui, jalan sepanjang empat kilometer itu menghubungkan Desa Glapan, Kecamatan Gubug ke Desa Ngambakrejo, Kecamatan Kedungjati. Jalan itu melintasi tiga desa, yakni Desa Jeketro, Ngroto, dan Trisari (ketiganya Kecamatan Gubug, red).

Mulyono, warga Desa Ngroto mengatakan, kerusakan jalan muncul sejak ada penutupan jalan di Glapan. Akibatnya, jalan penghubung itu banyak berlubang dan tertutup genangan saat hujan turun. Kondisi itu pun membahayakan pengendara.

Baca: Miris! Sekelompok Pria Berseragam SMA di Grobogan Ketahuan Lagi Pesta Miras

’’Di situ kan ada pekerjaan jembatan Glapan oleh PT Adhi Karya, otomatis semua kendaraan dialihkan ke jalan ini semua. Jalan tergenang kalau hujan,’’ ucapnya, Kamis (8/12/2022).

Menurut warga, kondisi jalan penghubung antardesa tersebut rusak parah sejak penutupan jalan Glapan-Ngambakrejo pada bulan Agustus lalu. Sebab, saat itu, proyek pekerjaan pembangunan jembatan Glapan oleh PT Adhi Karya mulai dikerjakan.

Ketua BPD desa setempat, Asyik Muhammad menambahkan, pihak PT Adhi Karya sebelumnya memang sudah berkoordinasi dengan pihak desa. Asyik menyatakan, pihak perwakilan PT Adhi Karya menyatakan bertanggung jawab untuk memperbaiki kondisi jalan.

’’Melalui pemerintah desa, sejak dilakukan penutupan jalan pihak PT Adhi Karya sudah berkoordinasi dengan kami. Semua kendaraan dialihkan lewat jalan ini dengan catatan mereka, pihak PT Adhi Karya bertanggungjawab untuk memperbaiki jalan jika terjadi kerusakan,’’ ucapnya.

Namun, lanjutnya, hingga kini jalan tersebut tak kunjung diperbaiki. Beberapa waktu lalu, ungkap Asyik, perwakilan tiga desa juga sudah mendatangi perwakilan PT Adhi Karya.

Baca: 293 Calon PPK di Grobogan Lolos Seleksi CAT

Mereka datang ke perwakilan PT Adhi Karya di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong itu unutuk menyampaikan keluh kesah warga soal kondisi jalan yang rusak.

’’Kita sudah mendatangi PT Adhi Karya yang di Mrapen (Desa Manggarmas, Godong, red). Ada empat kepala desa, dari Glapan, Jeketro, Ngroto, dan Trisari, menyampaikan keluh kesah warga soal akses jalan yang rusak, tapi sampai saat ini belum juga ada tindaklanjutnya,’’ terang Asyik.

Warga berharap jalan penghubung tiga desa tersebut segera diperbaiki. Hal itu mengingat jalan tersebut merupakan akses penting bagi warga.

Murianews telah mendatangi kantor perwakilan PT Adhi Karya di Manggarmas, Godong, namun seorang satpam menyatakan tak bisa memfasilitasi untuk konfirmasi.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

GROBOGANinfo muriaJalan RusakPembangunan Jembatan Glapan