KPU Jepara Rapatkan Nasib Lima Parpol

Rapat pleno hasil verifikasi lima parpol oleh KPU Kabupaten Jepara. (Murianews/KPU Jepara)

Murianews, Jepara – Nasib lima partai politik (Parpol) di Kabupaten Jepara dirapatkan di Kantor KPU Jepara. Kelima parpol itu yakni, Partai Bulan Bintang, Partai Kebangkitan Nasional, Partai Buruh, Partai Ummat, dan Partai Garuda.

Dalam rapat itu, KPU Jepara membahas hasil rekapitulasi verifikasi faktual perbaikan keanggotaan kelima partai tersebut. Namun, dari lima partai tersebut hanya empat yang hadir. Partai Garuda tidak mengirimkan perwakilannya.

Ketua KPU Jepara, Subchan Zuhri mengatakan, hasil dari rekapitulasi verifikasi faktual itu merupakan upaya-upaya dari partai politik. Baik itu memenuhi syarat maupun tidak memenuhi syarat dari hasil verifikasi faktual.

’’Upaya-upaya itu semua datangnya dari usaha partai politik,’’ Subchan, Kamis (8/12/2022).

Baca: GBK Jepara Kembali Ditinjau Kementrian PUPR

Subchan menjelaskan, hasil rekapitulasi itu masih akan disampaikan secara berjenjang melalui sistem informasi partai politik (Sipol). Kemudian, nanti hasilnya dapat dilihat melalui Sipol.

Parpol harus pula mengingat dan memperhatikan. Sebab, untuk ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024 masih harus lolos secara nasional dengan memenuhi 75 persen lolos di tingkat provinsi.

’’Jadi apabila parpol dinyatakan lolos di tingkat kabupaten bukan berarti secara konsekuensial menjadi peserta Pemilu 2024,’’ terang Subchan.

Selama jalannya verifikasi faktual sendiri, lanjut Subchan, pihaknya terus membuka koordinasi dengan Parpol maupun Bawaslu.

Baca: 28 Anggota Parpol di Pulau Terpencil Karimunjawa Jepara Diverifikasi

Sementara, Komisioner KPU Jepara Divisi Teknis Penyelenggaraan, Siti Nurwakhidatun mengatakan secara teknis, penetapan status verifikasi faktual parpol meliputi hasil verifikasi faktual terhadap kepengurusan, keanggotaan, keterwakilan perempuan dan kantor tetap partai.

’’Kami akan memperlihatkan status yang telah kami tetapkan dalam Sipol dan partai politik dapat memberikan tanggapan terkait status yang telah kami berikan,’’ kata Siti.

Siti mengatakan bahwa hasil ini masih akan disampaikan ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Kemudian akan disampaikan pula ke KPU RI yang nantinya akan ditetapkan secara nasional.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

info muriajeparaKPU JeparaParpol Peserta Pemilu 2024