293 Calon PPK di Grobogan Lolos Seleksi CAT

Peserta calon anggota PPK Grobogan mengikuti seleksi tertulis di SMKN 1 Grobogan. (Murianews/Istimewa)

Murinews, Grobogan – KPU Grobogan kini sedang menyeleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024 mendatang. Usai ujian tertulis melalui CAT pada Selasa (6/12/2022), tahapan berikutnya yakni tes wawancara.

Komisioner KPU Grobogan Ngatiman menyatakan peserta yang bisa mengikuti tes wawancara yakni peserta peraih 15 besar terbaik dari masing-masing kecamatan. Total peserta yang dinyatakan lolos seleksi CAT yakni 293 peserta.

’’Jadi yang diloloskan sebanyak tiga kali formasi, karena tiap kecamatan lima orang, berarti masing-masing lima belas orang,’’ kata Ngatiman, Kamis (8/12/2022).

Baca: UMK Grobogan 2023: Buruh Kecewa, Pengusaha Siap Taat

Namun, lanjut Ngatiman, sesuai aturan, saat ada peserta yang nilainya sama dengan peringkat lima belas, maka seluruh peserta yang nilainya sama diikutikan tahap berikutnya. Dengan begitu jumlahnya 293 yang lolos.

Dalam tahapan tes wawancara, Ngatiman mengatakan telah ada standar penilaian yang ditetapkan. Nantinya, hasil itu dirapatkan untuk kemudian dikeluarkan putusannya.

’’Kita kan (rapat) pleno, dan ada standar penilaian wawancara. Di situ ada scoring-nya,’’ kata dia.

Adapun tes wawancara akan dilakukan pada 11-13 Desember 2022 mendatang. Nantinya, setiap peserta akan diwawancara dua komisioner. Karena jumlah komisioner lima orang, satu lainnya diambil dari sekretaris KPU Grobogan.

Baca: Resmi Ditetapkan, UMK Grobogan 2023 Sebesar Rp 2.029.569,04

’’Mekanisme wawancaranya, kalau dipanelkan satu peserta lima komisioner, saya yakin tidak selesai dengan waktu tiga hari. Maka, nantinya satu peserta akan diwawancara dua komisioner, dan khusus Ketua KPU Grobogan akan didampingi Sekretaris (KPU Grobogan),’’ ujarnya.

Pengumuman hasil seleksi anggota PPK sendiri dilaksanakan pada 14 Desember 2022. Penetapan dilakukan pada 16 Desember 2022 dan pelantikan dijadwalkan pada 4 Januari 2022.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Calon PPKGROBOGANinfo muriaKPU GroboganSeleksi PPK