Longsor, Jalan Kuwu-Galeh di Grobogan Bakal Dibongkar

Jalan yang longsor parah di Desa Bago, Kecamatan Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah, masih bisa dilewati kendaraan truk tanpa muatan, Kamis (1/12/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Grobogan – Titik longsor di Jalan Kuwu-Galeh, tepatnya di Desa Bago, Kecamatan Kradenan, Grobogan, Jawa Tengah bakal dibongkar dan diperbaiki. Pasalnya, longsor di lokasi itu membuat jalan nyaris putus.

Kabid Wilayah Timur DPU Bina Marga Cipta Karya Jateng Agus Apriyanto mengatakan, longsornya jalan yang baru selesai diperbaiki itu karena air hujan berkumpul di bawah titik jalan tersebut. Gara-gara itu, tanah penyangga jalan itu melunak hingga longsor.

’’Air dari Sragen masuk, dari arah Kuwu masuk, jadi pusaran, hingga merusak fondasi. Tanahnya jadi lumpur,’’ kata Agus di lokasi, Kamis (1/12/2022).

Baca: Longsor Jalan Kuwu-Galeh di Grobogan Makin Parah, Jalur Terancam Putus

Rencana, pembongkaran titik jalan yang longsor itu dimulai sore ini (1/12/2022). Setelah dibongkar, dilakukan analisa, apakah di bagian bawah jalan terdapat sumber air atau hal lain yang jadi penyebab longsornya jalan.

’’Kami analisa di bawahnya, barangkali ada sumber air,’’ lanjutnya.

Agus menargetkan, perbaikan jalan longsor tersebut bisa selesai dalam satu atau dua pekan ke depan. Selama perbaikan, jalan tetap bisa dilalui kendaraan roda empat tanpa muatan.

Lebih lanjut, Agus memastikan, longsornya jalan tersebut bukan karena konstruksi. Sebab, kualitas beton sudah bagus dan sesuai dalam perencanaan.

’’Nggak ada masalah (pada konstruksi). Kualitas betonnya bagus,’’ kata dia.

Sementara itu, terkait arus lalu lintas, Kasatlantas Polres Grobogan AKP Deni Eko Prasetyo turut memantau langsung. Kasatlantas menyebut, kendaraan yang dialihkan hanya truk bermuatan.

’’Untuk kendaraan truk yang ada muatan akan dialihkan ke jalan lain,’’ kata dia.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

GROBOGANinfo muriaJalan Kuwu-Galehjalan longsorlongsor