Sediakan Air Bersih, Desa Keben Pati Dibangun Akuifer Buatan

Anggota DPR RI Sudewo meninjau progres proyek ABSAH, Sabtu (26/11/2022). (Murianews/Istimewa)

Murianews, Pati – Akuifer Buatan Simpanan Air Hujan (ABSAH) dibangun di Desa Keben, Kecamatan Tambakromo. Pembangunan itu sebagai upaya penyediaan air bersih pada masyarakat.

ABSAH merupakan insfrakturtur yang diperuntukan untuk menampung air hujan atau penyediaan air baku mandiri. Prinsip kerjanya yakni menampung air hujan lalu disaring dengan media akuifer buatan seperti kerikil, pasir, bata merah, batu gamping, ijuk dan arang.

Proyek pekerjaan milik Pemerintah Pusat itu ditinjau Anggota DPR RI Sudewo, Sabtu (26/11/2022). Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra itu mengatakan, proyek itu sebagai upaya untuk membantu masyarakat di wilayah yang berkekurangan air bersih saat musim kemarau.

Baca: Klaim Relawan Anies: Dukungan di Pati Meroket

’’ABSAH merupakan infrastruktur yang pergunakan untuk menampung air hujan atau penyediaan air baku mandiri. Ketika musim kemarau datang, air hujan yang tertampung dalam ABSAH dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,’’ kata Sudewo.

Di kesempatan yang sama, Sudewo meminta masyarakat kompak merawat infrastruktur tersebut. Dengan demikian, infrastruktur ini tahan lama sehingga bermanfaat dalam waktu lama.

’’Saya mengajak kepada masyarakat dan pemerintah desa senantiasa kompak untuk mendukung setiap program pembagunan yang dilakukan oleh pemerintah,’’ pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

ABSAHAkuifer Buatan Simpanan Air HujanAnggota DPR RI Sudewoinfo muriapatiPenyediaan Air Bersih