Ini Fungsi Blotting Paper untuk Kulit Wajah yang Perlu Diketahui

Foto: Ilustrasi (freepik.com)

MURIANEWS, Kudus – Kertas minyak wajah atau blotting paper kini menjadi kebutuhan bagi banyak orang, utamanya para wanita. Ya, kertas ini memang bisa digunakan untuk perawatan kulit.

Salah satunya adalah bisa menyerap minyak yang terdapat pada wajah. Cara menggunakannya pun cukup mudah, seperti memakai kertas tisu.

Disamping itu, ada fungsi blotting paper yang lainnya. Apa saja?

Baca juga: Ini Manfaat Aromaterapi bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Berikut fungsi blotting paper lainnya untuk kulit wajah, dilansir dari Halodoc, Selasa (1/11/2022).

1. Membantu mengatasi rambut lepek

Salah satu manfaat penggunaan blotting paper adalah diyakini dapat mengatasi rambut lepek. Meski jarang diketahui, nyatanya kamu bisa mencoba menggunakan kertas tersebut untuk menyerap minyak pada rambut sekaligus kulit kepala. Artinya, kertas minyak wajah juga dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan dry shampoo atau sampo kering.

2. Membantu aplikasi make up

Manfaat penggunaan blotting paper selanjutnya adalah dapat membantu dalam pengaplikasian make up. Nah, cobalah mengaplikasikan blotting paper setelah menggunakan riasan dasar. Misalnya seperti tabir surya atau produk-produk lain yang cair atau berbasis krim. Sebab, beberapa produk tersebut umumnya dapat menimbulkan minyak di wajah.

Setelah kamu menggunakan blotting paper, kamu dapat mengaplikasikan riasan pada wajah, tanpa perlu khawatir riasanmu terganggu oleh minyak.

Menariknya lagi, kertas minyak wajah juga tak hanya dapat membantu aplikasi make up, tetapi juga dapat membuat riasanmu jadi tahan lama. Caranya juga mudah, kamu hanya perlu menepuk wajah dengan blotting paper setelah menggunakan krim wajah, pelembap, dan foundation.

Trik ini dikabarkan mampu menyerap kelebihan sebum atau minyak dari produk make up  yang digunakan, sekaligus membuat alas bedak lebih menempel pada wajah.

3. Dapat membuat lipstik jadi tahan lama

Beberapa produk lipstik mudah memudar ketika digunakan untuk makan dan minum, walau diklaim sebagai produk transferproof. Nah, salah satu cara yang dapat dilakukan agar lipstik yang digunakan tahan lama, adalah dengan menggunakan blotting paper.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mengoleskan lipstik secara tipis, selanjutnya tekan lembut bibir menggunakan kertas minyak. Kemudian, aplikasikan kembali lipstik favorit yang biasa digunakan.

Selain itu, bibir cenderung akan berminyak dan sulit dibersihkan setelah mengonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak. Hal ini juga dapat diatasi dengan penggunaan kertas minyak wajah pada bibirmu.

Kamu hanya perlu mengatupkan bibir beberapa kali pada kertas minyak yang diletakkan di bagian tengah bibir. Nantinya, minyak yang menempel dari sisa makanan akan lenyap.

4. Menghilangkan kilap pada kulit wajah

Manfaat selanjutnya dari penggunaan blotting paper adalah menghilangkan kilap pada wajah. Nah, kertas ini tentunya dapat digunakan kapan saja ketika wajah mulai memunculkan kilap berlebih.

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir terkait penggunaannya dalam menghilangkan kilap pada kulit. Sebab, blotting paper tidak akan merusak riasan pada kulit wajah.

Itulah beberapa manfaat lain penggunaan blotting paper untuk kulit wajah. Tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa manfaat tersebut.

Hal yang tak kalah pentingnya, pastikan juga kamu menjaga kesehatan kulitmu dengan memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Selain dari mengonsumsi makanan sehat, nutrisi tersebut juga dapat dipenuhi melalui konsumsi suplemen kesehatan.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: halodoc.com

dani agusfungsi blotting paperMuriaNewsperawatan kulit wajahtips kecantikantips wajah sehat dan cantik