Cari Destinasi untuk Wisata Keluarga di Yogyakarta? Ini Rekomendasinya

Foto: Tugu Yogyakarta (wikipedia.org)

MURIANEWS, Kudus – Yogyakarta dikenal sebagai salah satu jujugan wisatawan domestik dan mancanegara. Hal ini tidak mengherankan karena banyak sekali destinasi wisata yang ada di Jogja, mulai dari wisata alam, sejarah, keraton, budaya, dan religi.

Selain itu, Yogyakarta atau dikenal juga dengan nama Jogja juga punya banyak kuliner khas. Nah, saat dolan ke Jogja, tidak lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas yang ada di sana.

Nah, tidak salah jika Yogyakarta bisa jadi pilihan liburan bersama keluarga pada long weekend nanti. Berikut rekomendasi wisata keluarga, seperti dikutip dari Indonesia.travel.

Baca juga: Mengunjungi Kampung Wisata di Jogja, Suasananya Selalu Bikin Kangen

Kampung Wisata Rejowinangun

Foto: Tempat pembuatan jamu herbal di Kampung Wisata Rejowinangun (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Merupakan salah satu kelurahan yang terletak di kecamatan Kotagede, Kampung Wisata Rejowinangun terkenal dengan klasternya dan sudah meraih beberapa penghargaan. Antara lain, Juara 2 pada Festival Kampung Wisata 2018 dan Juara 2 tingkat nasional sebagai kampung percontohan. Ada banyak atraksi yang bisa Sobat Pesona nikmati mulai dari pertunjukan seni, hingga menikmati sajian aneka jamu tradisional dan kuliner.

Desa Wisata Kaki Langit

Foto: Atraksi seni di Desa Wisata Kaki Langit, Yogyakarta (jadesta.kemenparekraf.go.id)

Desa wisata yang dirintis sejak 2015 ini memiliki banyak daya tarik seperti halnya Kampung Wisata Rejowinangun. Mulai dari pertunjukan kesenian tradisional, mencicipi beragam kuliner tradisional yang khas, berburu kerajinan tangan serta merasakan suasana tempo dulu dengan tradisi Jawa yang begitu kental.

Museum Sisa Hartaku

Sisa-sisa perabotan di Galeri Omahku Memoriku yang menjadi saksi erupsi Gunung Merapi si 2012.(MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Museum yang terletak di Kabupaten Sleman ini dikelola oleh warga setempat dan menyimpan berbagai jenis harta benda yang tersisa dari badai abu vulkanik yang melahap wilayah sekitar Gunung Merapi saat erupsi tahun 2010 lalu. Tidak hanya wisata museum, dekat di desa ini juga, wisatawan bisa menikmati serunya naik jeep keliling Gunung Merapi.

Gamplong Studio Alam

Foto: Salah satu bangunan di Studio Gamplong Jogja. (Solopos/Adhika Ali)

Dijuluki mini Hollywood-nya Indonesia, Gamplong Studio Alam telah menjadi lokasi syuting beberapa film layar lebar Indonesia. Terletak di wilayah Sleman, studio alam ini memiliki spot-spot keren untuk berfoto dan juga punya replika bangunan-bangunan bersejarah Indonesia.

Gamplong Studio Alam buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB dan tidak mematok harga untuk masuk kesini. Wisatawan bisa membayar dengan seikhlasnya dan diharapkan tetap mematuhi peraturan yang ada.

Kebun Binatang Gembira Loka

Foto: Kebun binatang Gembira Loka (visitingjogja.jogjaprov.go.id)

Yogyakarta juga punya kebun binatang yang bisa jadi pilihan tepat untuk keluarga. Tidak hanya melihat banyak koleksi binatang yang ada, suasana pepohonan yang rindang akan membuat wisatawan dan keluarga lebih nyaman. Selain itu, ada sepeda yang bisa disewa untuk berkeliling.

Merapi Park

Foto: Merapi Park Yogyakarta (merapipark.com)

Di tempat ini wisatawan akan disambut oleh hawa sejuk karena terletak di lereng Gunung Merapi. Tidak hanya suasana yang nyaman, di sini juga memiliki beragam miniatur landmark negara-negara di dunia seperti menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty dan lain sebagainya. Fasilitas yang disediakan juga lengkap termasuk kafe-kafe untuk bersantai.

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: Indonesia.travel

destinasi wisata keluarga di jogjagunung merapijogja bikin kangenMuriaNewswisata yoyakarta