Harga Pertamax Turun Jadi Rp 13.900 per Liter

Sejumlah kendaraan mengantre di SPBU Dawe menunggu pasokan pertamax dan pertalite datang. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Jakarta – PT Pertamnina (Persore) menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis pertamax dari yang semula 14.500 per liter, kini menjadi Rp 13.900 per liter. Penurunan tersebut secara resmi berlaku mulai hari ini, Sabtu (1/10/2022).

Selain Pertamax, penurunan harga jula BBM nonsubsidi juga terjadi pada Pertamax Turbo dari yang semula 15.900 per liter, kini menjadi Rp 14.950 per liter. Sementara untuk Dex Lite mengalami penyesuaian menjadi Rp 17.800 per liter dan Pertamina dex 18.100 per liter.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyatakan bahwa harga BBM non subsidi akan terus disesuaikan mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

”Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Murianews, Sabtu (1/10/2022).

Baca: Pertamina Ngaku Jual Rugi Pertamax

Dia menjelaskan, berdasarkan perhitungan pada periode September, untuk produk Gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga, sedangkan untuk produk Gasoil (diesel) Dexlite dan Perta Dex penyesuaiannya naik harga.

”Seluruh penyesuaian harga berlaku mulai tanggal 1 Oktober,” jelas Irto.

Irto juga mengatakan, seluruh harga baru ini sudah sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM No. 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi.

”Pertamina juga terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif diseluruh wilayah Indonesia,” lanjut Irto.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar

harga dex lite turunharga pertamaxharga pertamax turun 13.900 per liter