Duet Abah Lala-Mbak Sri Buka Festival Jerami Banjarejo Grobogan

Abah Lala berduet sama Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam pembukaan Festival Jerami Banjarejo, di Desa Banjarejo, Gabus, Grobogan, Jawa Tengah, semalam. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS Grobogan – Penampilan Agus Purwanto atau Abah Lala berduet dengan Bupati Grobogan Sri Sumarni menjadi pembuka Festival Jerami Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah semalam, Jumat (30/9/2022).

Bersama dengan Forkompinda dan tamu undangan yang hadir, mereka menyanyikan lagu yang sedang naik daun, Aja Dibandingke. Lagu ciptaan Abah Lala itu sukses membius penonton yang memenuhi lapangan.

Judul lagu kedua, Pray Layar. Lagu andalan Mbak Sri, sapaan Sri Sumarni saat bernyanyi di depan publik itu juga dinyanyikan bersama Abah Lala.

Lagu yang dipopulerkan The Godfather of Brokenheart, Didi Kempot itu pun sukses bikin penonton berjoget dan nyanyi bersama sepanjang lagu.

Baca: Farel Bakal Goyang Festival Jerami Banjarejo Grobogan, Cek Harga Tiketnya

Dalam sambutannya, Kades Banjarejo Achmad Taufik menceritakan secuil perjalanan desa yang dipimpinnya itu bisa menjadi seperti sekarang. Salah satunya, saat ditetapkan jadi desa wisata.

”Pada 2016, Banjarejo ditetapkan sebagai desa wisata. Kemudian pada 2017, ulang tahun Desa Banjarejo, kami mengundang Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun dan Kiai Kanjeng,” kata dia.

Pada 2018, Festival Jerami Banjarejo kali pertama digelar dan sukses. Setahun kemudian, 2019, festival serupa diselenggarakan lagi dengan mengundang Gubernur Ganjar Pranowo dan kembali menuai sukses.

”2020 dan 2021 libur karena pandemi. Sekarang, setelah pandemi mereda, kita adakan lagi Festival Jerami dengan tema Peradaban Nusantara,” paparnya.

Bupati Sri dalam sambutannya menyatakan rasa bangganya atas digelarnya festival tersebut. Dia pun berharap acara serupa bisa digelar setiap tahun.

”Saya bangga dengan Banjarejo sebagai desa wisata memiliki ciri khas tersendiri, bisa mengangkat sejarah budaya,” kata Sri.

Dengan begitu, nama Banjarejo mendunia sehingga tak hanya mengangkat nama desa, tapi juga nama Grobogan.

”Apalagi kini Banjarejo juga telah punya dua museum yang pembangunannya merupakan hasil kerjasama banyak pihak, antara lain BPSMP Sangiran dan Museum Geologi Bandung,” ucap Mak Sri.

Festival Jerami Banjarejo III berlangsung dari Jumat (30/9/2022) hingga 9 Oktober 2022. Sejumlah artis dan kesenian lokal bakal mentas di sana.

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

Desa Banjarejofestival jeramiFestival Jerami BanjarejoGROBOGAN