Resmi, Edy Widarto Gantikan Sutarlan di DPRD Grobogan

Suasana pengambilan sumpah janji Edy Widarto dalam rapat Paripurna DPRD Grobogan, Jumat (30/9/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS Grobogan – Edy Widarto resmi menjadi anggota DPRD Kabupaten Grobogan melalui proses pergantian antar waktu (PAW). Ia menggantikan Sutarlan yang meninggal beberapa waktu lalu.

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji PAW Edy Widarto digelar di ruang rapat paripurna DPRD setempat, Jumat (30/9/2022) sore.

Untuk diketahui, Sutarlan merupakan anggota DPRD Grobogan dari fraksi PDI Perjuangan. Dia meninggal pada 28 Juni 2022 lalu karena sakit jantung.

Adapun Edy Widarto merupakan sosok yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Grobogan. Saat itu ia menjabat pada periode 2014-2019.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Grobogan Sri Sumarni, Wabup Bambang Pujiyanto, para anggota dewan, dan para kepala OPD.

Baca: Kepala SD dan SMP Se-Grobogan Diwanti-wanti Soal Pungli

Dalam sambutannya Sri Sumarni berharap, Edy Widarto dapat melaksanakan tugas dan amanah  dengan sebaik-baiknya. Meski, lanjutnya, periode DPRD Kabupaten Grobogan 2019-2024 masih tersisa sekitar dua tahun saja.

”Saya berharap agar dengan pelantikan anggota dewan yang baru ini, semakin meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas-tugas kelembagaan legislatif sebagai mitra pemerintah daerah dan unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ungkapnya.

Bupati menyebut, PAW tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, pasal 27 ayat (3).

Dalam aturan tersebut disebutkan, masa jabatan anggota DPRD adalah lima tahun terhitung mulai tanggal pengucapan sumpah janji dan berakhir saat anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah janji.

”Namun, tidak semua masa jabatan lima tahun tersebut dapat terlaksana sampai selesai. Karena, adanya satu halangan seperti meninggal dunia, mengundurkan diri dan atau diberhentikan,” kata dia.

Untuk itu, anggota DPRD yang berhenti antar waktu, digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya.

Sebelumnya, Edy Widarto diusulkan ketua DPC PDIP. Usulan itu kemudian disampaikan ke Pemerintah Daerah, DPRD dan Ketua KPUD untuk mendapatkan rekomendasi.

Rekomendasi itu kemudian disampaikan kepada Gubernur Jawa Tengah. Dan akhirnya Gubernur Jawa Tengah memberikan persetujuan untuk dilaksanakan pelantikan PAW.

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

DPRD GroboganGROBOGANinfo muriaPAW Anggota DPRD GroboganPelantikan PAW