Besok Warga Kudus Diinstruksikan Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Bendera setengah tiang terpasang di halaman Pendapa Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Semua kantor instansi pemerintah di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diinstruksikan untuk memasang bendera setengah tiang, Jumat (30/9/2022) besok. Masyarakat umum dan perusahaan swasta juga diminta untuk ikut melakukan gerakan ini.

Hal tersebut dilakukan untuk mengingat peristiwa buruk pada 30 September, yakni G30S/PKI. Surat edaran terkait hal tersebut telah dilayangkan ke seluruh instansi dan camat di Kudus.

Untuk kemudian mereka bisa meneruskannya ke desa-desa hingga lapisan paling dasar di masyarakat.

”Untuk mengenang peristiwa tersebut, serta sebagai bentuk mengheningkan cipta, bagi para pahlawan yang gugur di peristiwa tersebut,” kata Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus Harso Widodo, Selasa (29/9/2020).

Baca: Sembilan Desa di Kudus Masuk Kategori Miskin

Harso menyebut, pengibaran bendera setengah tiang hanya berlaku pada tanggal 30 September saja. Yakni mulai pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Sementara untuk tanggal 1 Oktober 2020, dikibarkan bendera satu tiang penuh. ”untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

bendera setengah tiangBerita Kudusinfo kuduskudus