Sembilan Desa di Kudus Masuk Kategori Miskin

Adi Sadhono Murwanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Sembilan desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah masuk status merah. Artinya, desa tersebut masuk kategori miskin.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kudus, Adi Sadhono Murwanto mengatakan, masuknya sembilan desa tersebut dalam kategori miskin sesuai keputusan Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia. Yakni melalui Kepmensos 146/HUK/2020 yang dirilis 26 Oktober 2020.

”Sembilan desa itu hasil pemetaan desa berdasarkan tingkat kesejahteraan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, red),” katanya, Kamis (29/9/2022).

Murianews menghimpun data sembilan desa yang masuk status merah atau tergolong desa miskin. Yakni Desa Karangrowo, Desa Jepang, Desa Temulus, Desa Bulungcangkring, dan Desa Gondoharum. Kemudian ada Desa Gondosari, Desa Kedungsari, Desa Margorejo, dan Desa Desa Kandangmas.

Baca: Jangan Kelewat, Pemutihan Pajak Kendaraan di Kudus Sampai Tanggal Ini

Kemudian ada juga desa dengan status kuning kuning atau menengah terdapat 26 desa. Yakni Desa Mijen, Desa Prambatan Lor, Desa Pasuruhan Lor, Desa Getas Pejaten, dan Desa Jekulo. Kemudian ada Desa Hadipolo, Desa Tanjungrejo, Desa Ngembalrejo, dan Desa Bae.

Desa Kedungdowo, Desa Loram Kulon, Desa Ngembal Kulon, Desa Kalirejo, dan Desa Undaan Kidul. Selanjutnya, ada Desa Undaan Lor, Desa Kesambi, Desa Mejobo, dan Desa Golantepus. Kemudian Desa Piji, Desa Cranggang, Desa Klumpit, Desa Karangmalang, Desa Padurenan, Desa Besito, Desa Jurang, dan Desa Menawan.

”Sisanya 97 desa/kelurahan memiliki status hijau atau yang cakupan penerima bansos berdasarkan DTKS tidak terlalu banyak,” sambungnya.

Baca: Jokowi Janji Berikan Tambahan Bansos untuk Masyarakat Miskin

Ia menyebut, penentuan kategori desa dengan status merah, kuning dan hijau ditentukan oleh pemerintah pusat, yakni Kementerian Sosial (Kemensos).

”Seperti Desa Karangrowo itu di Kemensos masuknya status merah. Tetapi kalau diambil dari data IDM (Indeks Desa Membangun, red) yang berasal dari Kemendes (Kementerian Desa) itu Desa Karangrowo masuk desa mandiri,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusdesa miskininfo kuduskabar kuduskudus