Siswa SMKN 1 Pati Belajar Sejarah Purbakala di Museum Patiayam Kudus

Siswa SMKN 1 Pati berkunjung ke Museum Situs Purbakala Patiayam Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Museum Situs Purbakala Patiayam, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah kedatangan ratusan siswa dari SMKN 1 Pati, Kamis (29/9/2022). Di sana para siswa mendapatkan edukasi mengenai sejarah kepurbakalaan yang tersimpan di museum tersebut

Dari pantauan Murianews, para siswa terlihat antusias melihat satu-persatu koleksi benda sejarah purbakala yang didisplay di Museum Situs Purbakala Patiayam.

Mereka, juga terlihat didampingi petugas museum yang menceritakan tentang jenis fosil-fosil yang didisplay hingga sejarahnya.

Claura Vanessa Silviana, salah seorang siswi SMKN 1 Pati mengaku, sangat antusias belajar sejarah langsung di Museum Situs Purbakala Patiayam. Terlebih, ia juga baru kali pertama berkunjung dan melihat langsung koleksi-koleksi fosil purbakala.

”Tadi berkeliling melihat fosil purba, ini bisa menambah edukasi tentunya bagi kami,” katanya, Kamis (29/9/2022).

Baca: Museum Patiayam Kudus Bakal Miliki Gedung Kembar

Terlebih, sambung dia, di museum ada pemandu yang mendampingi dan menjelaskan tentang keberadaan fosil purbakala, hingga sejarahnya. Ia juga menyebut, sangat ingin datang kembali ke Museum Situs Purbakala Patiayam kelak.

”Tentu ingin balik lagi. Mungkin saja, ada koleksi-koleksi fosil purbakala yang baru,” ujarnya siswi kelas X itu.

Baca: Sudah Ada 40 Gading Gajah Purba yang Koleksi Museum Patiayam

Sementara Edukator Museum Situs Purbakala Patiayam, Siti Asmah mengatakan, kunjungan ke Museum Situs Purbakala Patiyayam selalu dilakukan setiap tahunya oleh siswa kelas X SMKN 1 Pati. Tahun ini, kedatangan mereka secara bertahap setiap harinya.

”Sudah ada sekitar 500 siswa yang masuk mulai Senin awal pekan ini. Kami memandu mereka dan memberikan penjelasan kepada siswa saat berkunjung, sehingga tidak hanya melihat-lihat saja, mereka juga bisa teredukasi,” imbuhnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinfo kuduskuduspatiayam