Mendag Klaim Harga Bahan Pokok Stabil Meski BBM Naik

Mendag Zulkifli Hasan. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Harga komoditas pokok di Indonesia diklaim masih stabil di tengah kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengungkapkan hal itu saat berkunjung di PT Sukun Wartono Indonesia, di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu (28/9/2022).

”Harga masih stabil, karena kalau naik ongkosnya disubsidi pemerintah, beras rakyat enggak usah khawatir, harga tetap disubsidi pemerintah, jadi harganya Rp 9.950 tidak berubah,” imbuhnya.

Zulhas mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir bila bahan pokok naik. Apalagi pemerintah daerah kini telah mengeluarkan kebijakan subsidi biaya pengiriman komoditas.

”Jadi misalkan di sini bawang mahal, kemudian datangkan dari mana, nanti pemerintah daerah yang akan membayar uang transportnya. Kalau dia harga naik 2 sampai 5 persen, jadi misal harga Rp 25 ribu ke Rp 26 ribu belum (disubsidi). Baru dibayar pemerintah kalau harganya Rp 30 ribu ke atas,” ujarnya.

Baca: Mendag Upayakan Kemudahan Ekspor Rokok

Dalam kunjungannya ke Kudus, Mendag mengunjungi sejumlah pelaku industri padat karya, salah satunya di PT Sukun Wartono Indonesia.

Mendag Zulkifli pun mengungkapkan pemerintah terus berupaya menyerap aspirasi dari para pelaku usaha padat karya. Termasuk di antaranya masukan-masukan terkait permasalahan yang ada di lapangan saat pemasaran produk.

Baca: Mendag Kunjungi Sukun di Kudus, Singgung soal Pentingnya Padat Karya

”Kita sengaja mengunjungi industri ini, kita perhartikan, ada kendala apa, lalu apa yang diperlukan oleh pelaku usaha kita, kita perlu tahu dan pemerintah akan bantu. Termasuk Sukun, ini kan produk andalan kita, padat karya juga, yang kerja begitu banyak, jadi perlu diperhatikan,” katanya saat sesi wawancara.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

bbm naikBerita KuduskudusMendagSembako