Metro Jateng

Ungkap 418 Kasus Curanmor, Kapolda: Korban Silahkan Ambil Kendaraan, Gratis!

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat menunjukkan para tersangka dalam gelar perkara di Mapolda Jateng. (Tangkap Layar/Instagram @humas_poldajateng)

MURIANEWS, Semarang – Polda Jateng berhasil mengamankan 418 kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) baik roda dua ataupun roda empat selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022. Operasi yang digelar sejak 25 Agustus hingga 13 September 2022 itu, polisi juga mengamankan 389 tersangka.

Kasus pencurian terbanyak selama Operasi Sikat Jaran Candi 2022 terjadi di Polresta Banyumas yang mengungkap 42 kasus dan menangkap 31 tersangka. Urutan kedua diduduki Polres Jepara dengan keberhasilan mengungkap 40 kasus dan menangkap 13 tersangka.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi pada gelar konferensi pers yang disiarkan dalam Instagram @humas_poldajateng mengatakan, operasi jaran candi ini digelar serentak di Indonesia, termasuk di Jawa Tengah.

Baca: Ungkap 5 Kasus Curanmor dalam 2 Pekan, Polres Karanganyar Amankan 5 Tersangka

”Operasi ini digelar menyeluruh dari tingkat Polsek, Polres, maupun Polda,” katanya, Senin (26/9).

Kapolda menyebutkan, pencurian kendaraan bermotor terdapat 332 kasus, pencurian ternak enam kasus, pencurian barang berhaga 72 kasus, perampasan kendaraan bermotor tiga kasus.

”Dan hari ini, dari 418 kendaraan sebagian masyarakat akan kita panggil dan kita berikan kepada yang berhak,” terangnya.

Selain itu, Kapolda juga mempersilahkan warga yang kehilangan kendaraan untuk menghubungi Polres setempat. Pihaknya pun memastikan pengambilan kendaraan tidak dipungut biaya.

”Pengambilan tidak dipungut biaya. Semua gratis,” tandasnya.

Baca: Operasi Sikat Jaran Candi 2022, Polres Grobogan Ungkap 12 Kasus Curanmor

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

curanmorgratisjawa tengahPolda Jateng