Bupati Kudus Gagas Pasar Rakyat Ada di Tempat Wisata

Bupati Kudus Hartopo saat meninjau pasar rakyat di Jalan Sunan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengunjungi Pasar Rakyat HUT ke-473 Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (24/9/2022). Di sana, dia melihat tingginya animo masyarakat akan kegiatan itu.

Hartopo pun kemudian menggagas pelaksanaan pasar rakyat di tempat-tempat wisata di Kudus.

”Ini animonya tinggi sekali, nanti kami akan berdayakan para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan kegiatan seperti ini di desa atau tempat wisata di Kudus,” katanya di sela kunjungannya.

Konsepnya sendiri, kata Hartopo, laiknya pasar rakyat seperti umumnya. Namun untuk pengisi stan pasar rakyat haruslah para pelaku usaha asli Kudus.

”Tidak usah seperti (tradisi) Dandangan, yang penting pasar rakyat dengan produk-produk lokal di dalamnya,” sambung dia.

Baca: Pedagang Minta Pemkab Kudus Lebih Sering Gelar Pasar Rakyat

Walau begitu, Hartopo berpesan kepada para pelaku UMKM yang ada di Kudus untuk terus mempelajari bagaimana cara mempromosikan dan memasarkan produknya. Dengan begitu mereka bisa go nasional dan internasional.

”Namun Pasar Rakyat di sini ceria semua wajahnya, omzetnya pada naik, saya ikut senang,” pungkas Hartopo.

Kepala Dinas Perdagangan Sudiharti mengungkapkan, Pasar Rakyat ini akan digelar selama empat hari, mulai 23 September kemarin hingga 26 September mendatang.

”Ada 300 pedagang yang ikut dalam pasar rakyat ini, semuanya masayarakat Kudus,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

bupati kudusinfo kuduskabar kuduspasar rakyat