SMP di Kudus Ini Siapkan Siswanya untuk Kompetisi Adu Jago Coding Game

Siswa SMP 1 Muhammadiyah Kudus mengikuti seleksi coding game. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS,Kudus – SMP 1 Muhammadiyah Kudus, Jawa Tengah menyiapkan siswanya untuk mengikuti kompetisi coding (fun code competition) di Semarang. Ada 150-an siswa di sekolah ini yang diseleksi.

Mereka merupakan siswa kelas unggulan coding. Dalam seleksi mereka beradu skill mengotak-atik coding dalam pembuatan game, Sabtu (24/9/2022).

Dari 150an siswa kelas VII, VIII, dan IX yang diseleksi internal tersebut akan diambil 10 siswa untuk mewakili SMP 1 Muhammadiyah pada kompetisi coding yang digelar daring tersebut. Pelaksanaanya kompetisi setingkat nasional itu, akan digelar pada 14 Oktober 2022.

Kepala SMP 1 Muhammadiyah Kudus Ali Zamroni mengatakan, seleksi yang dilakukan di internal sekolah dimulai pada Kamis (22/9/2022).

”Seleksi internal ini, untuk persiapan kompetisi coding yang digelar SMP Kristra Mitra Semarang,” katanya, Sabtu (24/9/2022).

Baca: Ulama Muhammadiyah Kudus: Permainan Capit Boneka Kategori Judi

Ia menjelaskan, ada sejumlah unsur dan kriteria  yang dinilai dari pekerjaan coding game yang dibuat siswa kelas unggulan yang ikut seleksi internal tersebut. Hasil akhir pembuatan game tersebut juga nantinya akan dinilai untuk menentukan siapa yang akan mewakili sekolah.

”Jadi kami lihat logika mereka saat membuat game lewat coding itu. Mulai dari tingkat kehalusan game, teknis berjalannya game, tingkat kerumitan, hingga kreativitas yang dibuat oleh masing-masing siswa,” ujarnya.

Seleksi tersebut dilakukan dengan ketat. Terlebih sekolah memiliki target siswanya mampu meraih juara.

”Jadi kompetisinya nanti itu lewat Zoom, yang kelihatan dari berbagai sisi agar tidak ada kecurangan. Memang kami perisapkan sejak sekarang, target kami tentunya juara,” ujarnya.

Sementara salah seorang siswa kelas IX Aria Sheva menyebut, sudah mempersiapkan ikut seleksi jauh-jauh hari. Ia melihat literasi dari berbagai sumber untuk bisa menghasilkan coding untuk menjadi game yang baik dan berhasil terpilih menjadi wakil sekolah.

”Tadi buat game flappy bird. Sudah persiapan sejak dari rumah itu lihat dari berbagai literasi termasuk Youtube,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

codingkelas codingkudussmp 1 muhammadiyah