Jumlah Penerima BLT BBM dari Pemkab Kudus Capai 9.700 Orang

Penyaluran BLT BBM di Desa Pedawang Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Jumlah penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, direncanakan ada sebanyak 9.700-an masyarakat.

Dinas Sosial P3A2KB Kudus pun kini tengah melakukan verifikasi untuk memilah penerima manfaat yang benar-benar terdampak kenaikan harga BBM dan naiknya bahan-bahan pokok.

”Saat ini masih proses verifikasi, setelah rampung bisa segera kami cairkan,” kata Kepala Dinsos P3AP2KB Agung Karyanto, Sabtu (24/9/2022).

Masing-masing penerima, lanjut Agung akan mendapatkan uang bantuan sebesar Rp 450 ribu. Adapun pencairannya dilakukan sebanyak tiga kali.

”Jadi masing-masing akan mendapat Rp 150 ribu per bulannya, mulai Oktober hingga Desember 2022,” ujarnya.

Baca: Sunat BLT BBM, Begini Nasib Istri Oknum Kadus di Blora

Sementara Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Djumartono menyampaikan, anggaran BLT BBM yang telah disediakan adalah sebesar Rp 4,365 miliar.

Jumlah tersebut sudah dianggarkan dalam Perubahan APBD 2022. Sehingga ketika APBD perubahan didok maka pencairannya bisa segera dilakukan.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, alokasi BLT BBM sendiri diambilkan dari refocusing anggaran sebesar 2 persen dari dana transfer umum pemerintah pusat.

Baca: Kudus Segera Kucurkan BLT BBM untuk UMKM dan Angkot, Segini Nominalnya

Adanya BLT BBM ini diharapkan bisa membantu masyarakat khususnya di sektor transportasi dan pelaku usaha mikro kecil menengah bisa bertahan di tengah gempuran kenaikan harga.

”BLT ini memang tujuannya untuk menangani inflasi di Kabupaten Kudus, yang tergolong cukup tinggi, memang tidak bisa mencakup semua kalangan, namun setidaknya ini bisa membantu sebagian masyarakat yang terdampak,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita KudusBLT BBMinfo kuduskudus