Mendag Zulhas: Pangan Indonesia Bakal Banjiri Arab Saudi

Mendag Zulkifli Hasan saat menenteng minyak goreng curah (detik.com)

MURIANEWS, Jakarta – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan agar produk pangan Indonesia dapat membanjiri Abar Saudi. Hal ini untuk mencukupi kebutuhan para jemaah haji, umrah dan Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Tanah Suci.

Saat ini, anak buah Zulhas tengah menyelesaikan perjanjian kerja sama dagang antara Indonesia dengan Arab Saudi. Apabila sudah selesai, maka produk sayuran yang akan diperbanyak untuk ekspor ke Arab Saudi.

”Bayangkan kita kirim 200 ribu lebih jamaah haji, kita kirim jamaah umrah mungkin jutaan jumlahnya per tahun, itu nilai makan saja triliunan yang haji, apalagi kalau sama umrah, banyak sekali,” katanya, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Baca: Pakaian Bekas Impor Senilai Rp 9 Miliar Dimusnahkan Mendag

Dia menjelaskan, selama ini produk makanan dan sayuran yang ada di Arab Saudi sebagian besar justru dari Thailand. Sementara pengunjung yang paling besar adalah dari Indonesia.

”Selama ini telur, ayam, bumbu-bumbu, ikan, sayuran, dan buah dari Vietnam dan Thailand,” terangnya.

Karena itu, belum lama ini pihaknya memang melakukan kunjungan kerja ke Jeddah untuk membahas masalah ekspor pangan tersebut. Terutama untuk memenuhi kebutuhan jemaah haji, umrah dan masyarakat Indonesia yang berada di Arab Saudi.

”Uangnya uang kita, yang makan orang kita, masa dari tempat lain karena alasannya kita belum ada perjanjian dagang. Ini yang kita ingin selesaikan cepat agar perjanjian dagang Indonesia dan Arab Saudi bisa terjadi sehingga produk-produk kita bisa masuk ke Arab Saudi untuk memenuhi permintaan, paling tidak haji, umrah, tentu dengan masyarakat sini,” imbuh Zulhas.

Baca: Kemendag Setop Impor Baja Ilegal Senilai Rp 41,68 Miliar

Zulhas menambahkan saat ini perjanjian kerja sama dagang kedua negara masih dalam proses penyelesaian. Rencananya, Mendag Saudi Arabia akan datang ke Indonesia pada 20 September 2022.

”Saya datang kemari, kita ingin agar produk-produk dari Indonesia bisa masuk ke Arab Saudi. Saya akan jumpa dengan Mendag Saudi di Jakarta, akhir bulan ini,” ujar Zulhas.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Kompas.com

arab saudiMendagzulhas