Info Kampus

Keren! Mahasiswa Unnes Bikin Sendok yang Bisa Dimakan, Ini Bahan Dasarnya

Lima mahasiswa Unnes yang tergabung dalam Tim PKM-K Sendoki.id menunjukkan inovasi membuat sendok yang bisa dimakan. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM-K) tahun 2022 berhasil membuat Sendok Edible yang terbuat dari bahan baku sayuran dan umbi-umbian.

Sendok Edible ini dapat dimakan dan diklaim dapat mengurangi sampah alat makan plastik sekali pakai dan diberinama Sendoki.id. Saat ini pengembangan inovasi tersebut juga didanai oleh Kemendikbud.

Ketua Tim PKM-K Sendoki.id Ade Risna Puja Muslimah mengatakan, inovasi ini muncul dari keresahan masyarakat akan kepedulian lingkungan. Hal ini terjadi karena keberadaan limbah plastik di bumi yang sulit dikendalikan.

”Berbagai inovasi untuk mengurangi atau mengendalikan keberadaan limbah di bumi telah banyak diciptakan, mulai dari skala kecil hingga skala besar yang profitable. Dari situ muncullah ide Sendok Endible yang kami berinama Sendoki.id,” katanya.

Ia menjelaskan, Tim PKM-K Sendoki.id ini didampingi oleh Laila Listiana Ulya dosen dari Psikologi Unnes dan beranggotakan lima orang. Kelima mahasiswa tersebut, empat di antaranya dari Prodi Psikologi dan satu Prodi Gizi.

”Untuk mahasiswa Psikologi ada Tiara Azka Nadhifa sebagai manajer pemasaran, Muhammad Fa’iq Muthowif manajer keuangan, Novanda Krishadi Yudistira manager administrasi, dan saya sendiri sebagai ketua tim,” sebutnya.

”Sementara satu mahasiswa dari prodi Gizi UNNES yaitu Afifa Ghina Athaya yang bertugas sebagai manager produksi,” tambahnya.

Ia menyebutkan, perjalanan Tim PKM-K Sendoki.id berangkat dari program mata kuliah Technopreneurship. Di mana pada tugas akhir perkuliahan ini mahasiswa diberikan proyek untuk menciptakan sebuah produk inovasi, berniaga, dan mengunggah hasil laporan akhir berupa proposal kewirausahaan ke Belmawa.

”Setelah menjalani berbagai review dan seleksi, Tim Sendoki.id berhasil lolos didanai oleh Kemendikbud dengan besaran dana 6,5 juta. Selain dana dari Kemendikbud, tim ini juga didanai oleh Universitas Negeri Semarang dan Fakultas Ilmu Pendidikan,” terangnya.

Ia menambahkan, pemakaian sendok edible dapat menekan sampah alat makan plastik sekali pakai. Selain itu, produk Sendoki.id juga bernilai gizi baik karena mengandung sayuran dan berbahan dasar alami, tanpa pengawet, dan bebas mikrospora.

”Sendok ini diperuntukkan dalam pemakaian makanan yang relatif lembut seperti es krim, zuppa soup, dan bubur,” tandasnya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

#unnesBisa Dimakansendok