Metro Jateng

2 Tahun Vakum, Ganjar Terbangkan Lampion di Dieng Culture Festival

Gubernur Jateng ganjar Pranowo saat menerbangkan lampion di Dieng Culture Festival. (Istimewa)

MURIANEWS, Banjarnegara – Pesta lampion Dieng dalam acara Dieng Culture Festival (DCF) 2022 kembali diselenggarakan setelah vakum 2 tahun lalu karena pandemi.

Festival tersebut makin meriah lantaran dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bersama sang istri Siti Atikoh dan Rehan Si Bocah Gimbal Dieng, Ganjar menerbangkan lampion bersama.

Ganjar datang bersama istri Siti Atikoh, Jumat (2/9/2022) malam. Sejak memasuki lokasi, Ganjar sudah menjadi perhatian masyarakat. Ia kemudian langsung menuju tempat duduk di tengah-tengah pengunjung lain.

Ganjar tampak begitu menikmati pertunjukan Jazz Atas Awan yang menampilkan musisi-musisi nasional dan lokal. Menjelang penampilan terakhir dari Deni Caknan, Ganjar diminta untuk naik ke panggung untuk mengawali prosesi lampion.

”Lampionnya sudah siap? Siapkan dulu semuanya,” teriak Ganjar dari atas panggung DCF 2022 sembari menyapa pengunjung dari berbagai daerah termasuk luar pulau Jawa, Jumat (2/9/2022) malam.

Ganjar kemudian menyiapkan lampion bersama istri. Rehan kemudian dipanggil untuk menerbangkan lampion bersama Gubernur Jawa Tengah itu.

DCF 2022 ini merupakan gelaran pertama yang dihadiri oleh ribuan orang dari berbagai daerah. Dua gelaran sebelumya DCF digelar secara terbatas dan virtual lantaran pandemi Covid-19.

”Terima kasih, semua. Malam ini bukanlah perayaan akhir pandemi. Tapi ini obat rindu setelah hampir dua tahun Dieng Culture Festival tidak mengudara. Ini kesempatan kita untuk menghidupkan kembali. Semoga semua bahagia,” ujar Ganjar.

Ganjar berharap gelaran DCF 2022 ini menjadi pengungkit pariwisata. Di tengah upaya membangun kesadaran kesehatan masyarakat, pariwisata mulai digelindingkan.

”Mudah-mudahan ini menjadi pengungkit pariwisata yang mulai kita gelindingkan. Antusiasme masyarakat ditunjukkan hari ini,” katanya.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

dieng culture festivalganjarMetro Jatengpandemipesta lampion diengvakum