Dikritik PKL, Ini Jawaban Pj Bupati Jepara

PJ Bupati Jepara, Edy Supriyanta. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Paguyuban Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun-alun II Jepara Jepara, Jawa Tengah dibikin kecewa berat pada pemerintah setempat. Ada dua hal yang menjadikan mereka kecewa.

Kedua hal itu, yakni minimnya komunikasi antara Pemkab Jepara dengan Paguyuban PKL Alun-alun II Jepara. Kemudian, Paguyuban PKL Alun-alun II Jepara menilai Pemkab Jepara telah ingkar janji.

Kekecewaan itu memuncak setelah Pemkab Jepara menyelenggarakan Jepara Festival 2022 Pameran UMKM di area Alun-alun I Jepara.

Padahal, pada Desember 2018 lalu, pemerintah setempat sempat berjanji memindahkan semua even yang direncanakan di Alun-alun I Jepara ke Alun-alun II Jepara, bersamaan dengan pemindahan PKL di sana.

Baca: Gegara Ini, PKL Alun-Alun II Jepara Kecewa

Menanggapi kritikan itu, Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta mengatakan, ke depan pihaknya mengalihkan atau membuat even di Alun-alun II Jepara.

Saat pemindahan PKL pada 2018 lalu, Edy Supriyanta memang belum menjabat di Jepara. Dirinya pun tak bisa banyak bicara menanggapi itu. Termasuk juga komunikasi antara pemerintah dengan paguyuban PKL itu.

”Ke depan kami bikin even-even di sana (Alun-alun II Jepara). Pelan-pelan kami tata biar jadi bagus. Saya sudah perintahkan dinas terkait menyusun program-progam khusus untuk membangkitkan ekonomi di sana,” terang Edy Supriyanta.

Baca: Pameran UMKM Jepara, PKL: Katanya Lokal, Nyatanya Luar Kota Semua

Terkait minimnya UMKM lokal yang tersaji di kegiatan Jepara Festival 2022 Pameran UMKM, Sekda Jepara, Edy Sudjatmiko berdalih yang tersaji tersebut adalah UMKM dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, itu tak menjadi masalah, asalkan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat. “Ke depan, kami bikin even yang lebih besar lagi dengan memperbanyak UMKM lokal Jepara,” jelas Edy Sudjatmiko.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

info muriajeparaPj Bupati JeparaPKL