81 Napi di Kudus Diberi Remisi Kemerdekaan, Satu Langsung Bebas

Penyerahan remisi kemerdekaan napi Rutan Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Sebanyak 81 narapidana (napi) yang menghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kudus mendapat remisi atau pengurangan hukuman di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.

Penyerahan remisi secara simbolis dilakukan Bupati Kudus HM Hartopo pada perwakilan napi usai upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI yang dilangsungkan di Alun-Alun Simpang Tujuh, Kudus Rabu (17/8/2022).

Kelala Rutan Kelas IIB Kudus, Suprihadi mengatakan, total ada 81 napi yang memperoleh remisi umum tepat saat HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Menurutnya, seluruh pengajuan remisi kemerdekaan disetujui.

”Lolos semua mendapatkan remisi. Yang kami ajukan sebenarnya ada 84 napi, tapi tiga di antaranya sudah bebas dulu sebelum remisi turun,” katanya, Rabu (17/8/2022).

Dari 81 napi yang mendapatkan remisi, satu di antaranya langsung bebas. Sementara yang lain, mendapatkan pengurangan hukuman berkisar antara satu hingga lima bulan.

”Satu diantaranya bebas murni hari ini. Remisi terbanyak tahun ini lima bulan,” ucapnya.

Baca: HUT RI, Bupati Kudus Ajak Terus Perkuat Toleransi

Napi yang mendapatkan remisi tersebut, terlibat berbagai kasus hukum. Mulai kasus perlindungan anak, pencurian, hingga narkoba.

Mereka yang mendapatkan remisi setidaknya telah menjalani hukuman minimal enam bulan dan berkelakuan baik. ”Sekitar 30 pesen dari warga binaan yang mendapatkan remisi, itu kasus narkoba,” ujarnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

HUT RIinfo kuduskudusRemisirutan kudus