Merah Putih Sepanjang 1,4 KM Membentang di Honggosoco Kudus

Bendera merah putih berukuran 1.400 meter membentang di permukiman  warga Desa Honggosoco, Kudus. (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Ada yang unik saat memasuki perkampungan di Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bendera merah-putih dengan ukuran yang sangat panjang membentang di jalanan desa itu.

Bendera merah putih yang terpasang di dua RW itu, memiliki panjang sekitar 1,4 km dan lebar kurang lebih 50 cm.

Dari pantauan Murianews, bendera yang sangat panjang itu terlihat menghiasi permukiman warga yang berada di sebelah timur balai desa.

Saat masuk permukiman, baik sisi kanan ataupun kiri nampak jelas bendera merah-putih yang begitu panjang.

Pemasangan bendera merah putih ‘terpanjang’ di Kudus itu, merupakan ide dari ketua RT 4 RW 5, Serka Dopo Edy Pranoto yang juga anggota Koramil Dawe.

Menurutnya, bendera yang memiliki panjang 1.400 meter tersebut membentang di RT 4 RW 5 dan sebagian di RT 3 RW 4.

”Bendera ini sebagai bentuk apresiasi kepada negara dan para pejuang yang sudah memperjuangkan kemerdekaan. Ini juga untuk mengajak para generasi muda untuk lebih mencintai NKRI dan merah putih harus tetap berkibar,” katanya, Sabtu (13/8/2022).

Pemasangan bendera yang memiliki panjang 1.400 meter itu, bukan tanpa arti. Melainkan, diambilkan dari filosofi usia HUT Kemerdekaan yang ke 77 ini.

”Ukurannya kami ambilkan dari filosofi 77 tahun kemerdekan 7+7= 14, lalu saya buat bendera berukuran 1.400 meter,” imbuhnya.

Pembuatan bendera tersebut, menurutnya menghabiskan dana sekitar Rp 8,4 juta yang merupakan swadaya masyarakat. Proses pembuatannya pun terbilang lama, membutuhkan waktu kurang lebih dua pekan.

”Malam tanggal 1 Agustus 2022 bendera panjang ini kami pasang bersama warga dan para pemuda. Ada sekitar seratusan orang yang gotong-royong memasang bendera tersebut. Mereka sangat antusias,” ungkapnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Benderahongosocoinfo kuduskudusMerah Putih