Puluhan Rumah di Glagahwaru Kudus Rusak Diterjang Angin

Salah satu rumah warga yang terkena bencana angin kencang. (Murianews/BPBD)

MURIANEWS, Kudus – Puluhan rumah di Desa Glagahwaru, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengalami kerusakan akibat angin kencang pada Sabtu (13/8/2022) sore. Sebagian rumah bahkan mengalami kerusakan yang cukup parah pada bagian atap.

Subkoordinator Kedaruratan dan Logistik Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Munadji menyampaikan, ada empat rumah di RT 6 RW 1 yang mengalami rusak parah. Adapun rumah tersebut milik Nurdi, Tukijan, Ahmad, dan Sukir.

”Kebanyakan memang atap-atap rumah yang mengalami kerusakan, baik atap dari genting maupun dari galfalum. Beruntungnya tidak ada korban jiwa ataupun luka pada peristiwa ini,” katanya.

Pihak BPBD sendiri, sambung dia, bersama warga setempat langsung melakukan kerja bakti membersihkan puing-puing genting yang jatuh berserakan. Potongan atap galfalum juga ikut dibersihkan.

”Untuk total kerugian tengah kami hitung, kami juga telah melakukan pengamanan jalur listrik,” sambungnya.

Baca: Angin Kencang Robohkan Pohon Besar di Gondosari Kudus, Aliran Listrik Terputus

Atas peristiwa ini, dia pun mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Apabila terjadi angin kencang kembali, maka disarankan untuk menjauhi pintu, jendela, dan juga dinding terluar bangunan.

Hal itu dikarenakan angin dengan kecepatan tinggi bisa merusak bagian-bagian dari rumah tersebut. Material yang terbawa angina itu kemudian bisa membahayakan keselamatan jiwa.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

angin kencanginfo kuduskabar kuduskuduslisus