Jadi Tuan Rumah Nation Scouts Competition, SMPN 3 Purwodadi Juga Gelar Acara Ini

Salah satu penampilan flash mob oleh anggota pramuka SMPN 3 Purwodadi, Sabtu (13/8/2022). (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Nation Scouts Competition (NSC) atau Kompetisi Pramuka Nasional 2022 digelar di Grobogan. SMPN 3 Purwodadi ketiban jadi tuan rumah kegiatan itu.

Di puncak acara, pada Sabtu (13/8/2022) SMPN 3 Purwodadi menggelar kegiatan internal berjudul Scouts Festival di halaman sekolah setempat.

Agus Subagyo, Ketua Gugus Depan SMPN 3 Purwodadi mengatakan, untuk NTC tahun ini masih digelar secara online atau daring. Jumlah pesertanya terdapat 18 putra dan 23 putri dari pangkalan pramuka se-Indonesia.

”Pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia, totalnya 41 pangkalan. Setiap pangkalan atau masing-masing regu ada delapan orang yang mewakili sekolah masing-masing,” terang dia.

Baca: Mayat Pria Ditemukan di Tepi Sungai Grobogan

Rangkaian acara NSC digelar sejak Juni 2022 lalu. Ada tiga lomba yang diselenggarakan dalam NSC ini, yakni Peraturan Baris Berbaris (PBB), yelyel, dan tari kreasi semaphore.

Para peserta, setiap pangkalan mengirim video sesuai lomba yang diikuti. Kemudian, dinilai panitia dari SMPN 3 Purwodadi. Video tersebut juga turut diunggah ke Youtube SMPN 3 Purwodadi.

Sementara itu, Riksa Pratama, Purna Dewan Galang SMPN 3 Purwodadi menambahkan, selain menjadi panitia penyelenggaraan agenda nasional, pihaknya juga menggelar agenda internal.

Ada tiga lomba yang diselenggarakan, yakni flash mob, bazar, dan pembuatan prakarya atau hastakarya.

”Untuk yang agenda internal ini khusus untuk warga SMPN 3 Purwodadi,” kata dia.

Menurut Riksa, tidak semua pangkalan pramuka bisa menjadi tuan rumah gelaran nasional. Biasanya, event  tingkat nasional digelar di tingkat kwartir cabang (kwarcab) atau kwartis daerah (kwarda).

 

Reporter: Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

GROBOGANinfo muriaNation Scouts CompetitionSMPN 3 Purwodadi