Adanya Atap Justru Bikin Petani Singkong Pati Ketar-ketir

Singkong dari petani sedang diproses untuk menjadi tepung tapioka. (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Rencana hadirnya Asosiasi Tapioka Pati (Atap) ternyata memunculkan kekhawatiran bagi petani singkong di Pati. Mereka khawatir harga singkong di pasaran akan turun dan merugikan petani.

Diketahui, asosiasi ini bakal dideklarasikan September nanti. Salah satu tujuan oranisasi ini untuk memangkas rantai niaga penjualan singkong, sehingga tak lagi melalui makelar.

Dengan rantai niaga yang lebih pendek, diharapkan harga singkong bisa terjangkau oleh pengusaha tepung tapioka atau tepung kanji.

Baca: Pengusaha Tepung Kanji Pati Bentuk Asosiasi, Ini Alasannya

Namun, salah satu petani singkong Pati, Mustofa merasa khawatir dengan berdirinya asosiasi ini. Ia khawatir ada niat jahat dalam rencana mendirikan asoasi ini.

”Pada dasarnya mendukung jika ada orang yang mau memikirkan IKM dan UMKM. Tapi jika ditumpangi niat jahatm karena ada yang kalah bersaing antar pengusaha tapioka maka kami tidak setuju,” katanya.

“Apalagi kalau ada oknum yang memanfaatkan jabatannya ikut memprovokasi sehingga merugikan petani singkong,” imbuh Musthofa.

Ia juga khawatir asoasi ini membuat harga singkong di pasaran terjun bebas. Imbasnya, petani akan merugi. Lebih lagi, saat ini petani singkong sulit dapat pupuk bersubsidi.

”Kasihan petani singkong jika dibatasi jumlah penjualan singkong. Karena beli pupuk sudah mahal dan biaya sewa serta pekerja juga gak boleh utang,” lanjut dia.

Pihaknya tidak mau harga singkong terjun seperti pada 2016 lalu. Di mana, harga singkong saat itu sekitar Rp 700-Rp 800 per kg.

Menurutnya, harga singkong saat ini sudah baik bagi petani, yakni sekitar Rp 2.500 per kg.

”Kita ndak mau petani yang jadi korban dan 2016 malah pernah harga singkong murah sekali. Karena gak ada yang beli bahkan harganya dengan biaya panen aja masih mahal biaya panen,” pungkas dia.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Asosiasi Tapioka Patiatapinfo muriapatiPetani Singkong