Kudus Dianggap Punya Bibit Desainer yang Melimpah

Denny Wirawan dalam sesi mentoring dengan siswa SMK di Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dianggap punya bibit-bibit desainer yang melimpah. Apalagi jumlah sekolah tata busana di Kabupaten Kudus cukup banyak dan punya alat praktik yang mumpuni bagi para siswa.

Itu diungkapkan oleh Desainer kondang Denny Wirawan, saat memberikan mentoring kepada 182 siswa SMK jurusan tata busana asal SMK NU Banat dan SMKN 3 Kudus, Jawa Tengah, dalam acara Ruang Kreatif: Batik Kudus in Fashion oleh Denny Wirawan oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Acara itu sendiri, digelar di SMK NU Banat Kudus yang juga binaan Djarum Foundation, Jumat (12/8/2022).

”Ya kami rasa cukup banyak bibit desainer profesional karena bisa dilihat sendiri mereka telah mengikuti berbagai kompetisi yang tak hanya di Kudus, tapi juga di luar Kudus, ini sungguh luar biasa,” kata dia di sela mentoring.

Dari segi alat praktik yang disediakan sekolah, Denny pun mengaku optimis akan ada desainer-desainer asal sekolah di Kudus yang bisa masuk ke kancah nasional dan internasional. Asalkan, mereka benar-benar bisa memafaatkan apa yang tersedia di sekolahnya.

”Jadi mereka benar-benar harus bisa memanfaatkan apa yang telah disediakan di sekolah ini, utamanya yang ada di SMK NU Banat ini, merek punya fasilitas yang tak kalah dibanding sekolah desainer asli, harus benar-benar dimanfaatkan,” pungkasnya.

Baca: Denny Wirawan Ajari Siswi SMK Kembangkan Fashion Batik Kudus

Dalam mentoring itu, Denny telah memberikan ilmu kepada para siswa tentang ready to wear, sustainable fashion, padu padan warna dan materi mengenai tips dan trik mengolah batik Kudus agar menjadi pakaian yang fashionable.

Mereka kemudian membuat tiga desain baju yang kemudian akan ditampilkan Sabtu (12/8/2022) besok.

”Sangat berkesan sekali, mereka sungguh punya niat untuk mengerjakan desainnya, yang penting adalah itu. Niat yang baik menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Denny Wirawaninfo kuduskudus