Ekspresi Bahagia Buruh Rokok di Kudus Terima BLT: Alhamdulillah…

Bupati Kudus HM Hartopo saat menyalurkan BLT buruh rokok secara simbolis. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Raut muka sumringah nampak jelas dari para buruh rokok yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Pemkab Kudus tahun 2022 ini.

Pemandangan tersebut nampak jelas ketika Bupati Kudus HM Hartopo masuk ke area produksi PR Rajan Nabadi untuk mulai menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) itu.

Total, ada sebanyak 382 orang buruh dari sebelas pabrik rokok yang ada di Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang akan menerima BLT pada hari ini. Mereka diwakilkan sebelas orang untuk pencairannya.

Salah satu buruh penerima BLT, Sumiah mengaku sangat senang mendapat uang BLT tersebut. Dia bersama rekan-rekannnya memang telah menanti pencairan BLT tersebut.

”Sumringah sekali ini bisa dapat BLT buruh rokok lagi, Alhamdulillah,” kata dia usai menerima BLT di brak PR Rajan Nabadi, Jumat (12/8/2022).

Uang dari BLT tersebut pun rencananya akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti membeli sayur mayur hingga kebutuhan rumah tangga lainnya.

”Ya senang, nanti untuk kebutuhan sehari-hari, Alhamdulillah rezeki,” pungkas ibu rumah tangga asal Ngembalrejo Bae Kudus.

Baca: Kudus Mulai Cairkan BLT Buruh Rokok, Segini Total yang Akan Diterima

Senada, Ngartini, buruh asal Kecamatan Bae tersebut juga mengaku bersyukur bisa menerima BLT tersebut. Dia berharap, program ini bisa berlanjut hingga tahun depan.

”Tahun kemarin dapat, tahun ini juga dapat, kalau bisa ya diteruskan lagi tahun depan jadi lumayan ada penghasilan tambahan,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai menyalurkan BLT Buruh rokok tahap pertama kepada 39.417 orang buruh rokok dengan jumlah anggaran sebesar Rp 23,65 miliar.

Program tersebut merupakan bagian dari program kegiatan pemanfaaatan DBHCHT sebagaimana diamanatkan dalam PMK Nomor 215 Tahun 2021.

Dengan adanya penyaluran ini, diharapkan bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi di Kudus.

Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan hal itu usai penyaluran secara simbolis di Kawasan Industri Hasil Tembakau, Jumat (12/8/2022).

Korelasinya sendiri, kata Hartopo, adalah ketika buruh rokok menerima BLT yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) itu, daya beli mereka bisa meningkat. Sehingga ada perputaran ekonomi di sana.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

BLTblt buruh rokokinfo kuduskabar kuduskuduskudus hari ini