Pembangunan Perumahan Komunitas di Jepara Diharap Segera Diselesaikan

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta meninjau pembangunan perumahan berbasis komunitas. (Murianews/Istimewa)

MURIANEWS, Jepara – Pembangunan perumahan berbasis komunitas di Kabupaten Jepara diminta segera diselesaikan. Itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Jepara, Edy Supriyanta.

Edy menyampaikan, percepatan pembangunan rumah komunitas itu diharap mempermudah akses bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Saat ini, perumahan berbasis komunitas ini dibangun di Desa Kedungcino, Kecamatan Jepara. Edy mengharapkan, pembangunan rumah berbasis komunitas ini bisa didirikan di seluruh wilayah di Jepara.

”Sehingga dapat terhindarkan mereka berdiam di kawasan kumuh yang kurang memenuhi syarat rumah tinggal, apalagi di bantaran sungai yang riskan terhadap musibah kebanjiran,” Harap Edy, Senin (8/8/2022).

Baca: Pemkab Jepara Diminta Peka Pada Kebutuhan Atlet Difabel

Edy menambahkan, masih terdapat beberapa PR yang harus diselesaikan. Di antaranya pembenahan jalan, air dan listrik yang perlu dikerjakan lagi hingga sempurna.

Jika sudah selesai semua, masyarakat yang mendapatkan perumahan bersubsidi bisa langsung dipindahkan ke sana. Pihaknya menargetkan 2023 sudah siap untuk ditempati.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Hartaya menjelaskan, pihaknya sudah mengerjakan sebanyak 47 rumah di Perumahan bersubsidi Kedungcino ini.

Pihaknya juga telah mengusulkan ke pemerintah provinsi agar mendapat bantuan untuk mereka yang sudah mempunyai tanah atau lahan di Kedungcino.

”Bantuannya berupa material dan ruspin (Rumah Unggul Sistem Panel Instan, red). Nilainya Rp 35 juta-an. Beli tanah sendiri, mengangsurnya 10 tahun, perbulannya Rp 500 ribu,” ujarnya.

”Dalam 2023 awal, kami harapkan mereka sudah masuk ke sini, karena air, jalan dan listrik sudah selesai di akhir tahun (2022),” imbuh Hartaya.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Zulkifli Fahmi

info muriajeparaMasyarakat Berpenghasilan RendahperumahanPerumahan MBRPj Bupati Jepara