Menikmati Soto Gudangan, Kuliner Unik Khas Ungaran yang Bikin Penasaran

Foto: Soto gudangan khas Ungaran (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

MURIANEWS, Kudus – Soto dan gudangan adalah dua jenis kuliner yang disukai semua kalangan. Kedua kuliner ini mudah ditemukan di wilayah Jawa Tengah.

Baik soto dan gudangan pada dasarnya adalah menu kuliner yang dihidangkan terpisah. Namun, bagiamana jika kedua menu kuliner ini dicampur jadi satu?

Mungkin banyak orang yang penasaran bagaiaman rasanya jika soto dan gudangan dijadikan satu menu makanan. Nah, biar gak penasaran, datang saja ke kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Soto Kletuk, Kuliner Khas Blora yang Rasanya Rame dan Maknyus

Dilansir dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, di Ungaran, soto gudangan merupakan salah satu kuliner khas. Jika ingin mencicipi, bisa datang ke Warung Makan Soto Gudangan “Sogud” Bu Kusnin.

Warung yang terkenal karena menyajikan sebuah menu makanan yang unik dan tidak terbayangkan sebelumnya. Rasanya pun dijamin nikmat dan akan membuat siapapun yang mencicipinya menjadi ketagihan.

Kuah berwarna kuning yang berasal dari soto dengan daging sapi yang segar tercampur bersama urap gudangan. Tentu akan menghasilkan sebuah citarasa yang gurih dan khas. Apalagi disajikan dalam keadaan masih hangat, menjadikan “sogud” semakin nikmat saat melewati tenggorokan.

Soto ini juga sering disebut sebagai soto sayuran karena memiliki berbagai macam sayuran yang dijadikan sebagai topping. Topping ini antara lain toge, daun bawang, daun kenikir, kacang panjang, sayuran bayam, dan permukaan atasnya ditaburi dengan bawang goreng. Membayangkannya saja sudah sangat terasa nikmat, ya?

Selain menggunakan berbagai macam sayuran, soto gudangan ini juga menggunakan daging sapi dan koyor sebagai pelengkapnya. Daging sapinya pun tidak alot alias lembut dan terasa empuk saat digigit. Begitu pula dengan koyornya yang tidak mengecewakan karena terasa sangat kenyal dan mudah untuk ditelan.

Agar tambah puas, pengunjung juga bisa menambah menu gorengan seperti tempe mendoan atau kerupuk sebagai lauk tambahan. Lauk tambahan ini tentu menjadi teman santap sogud yang akan membuat rasanya bertambah semakin nikmat. Tak hanya dijadikan sebagai lauk tambahan, gorengan dan kerupuk ini juga bisa anda nikmati untuk rutinitas ngemil saat makan besar.

Untuk harga, sepiring soto gudangan dijual dengan harga Rp 13 ribu. Sedangkan untuk gorengan harganya Rp 1.000. Selain itu, di warung ini juga tersedia berbagai macam minuman yang bisa dipesan untuk teman makan seperti es jeruk, es kopi, es teh manis, dan masih banyak minuman sachet lainnya dengan harga variatif antara Rp 2- 4 ribu.

Untuk informasi tambahan, pengunjung bisa memesan makanan secara terpisah misalnya soto sapi atau gudangan saja. Selain itu beberapa menu makanan lain yang bisa dipesan seperti ramesan, mangut, dan aneka sayur oseng. Warung soto gudangan Bu Kusnin ini buka setiap hari, kecuali Minggu dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang.

Menu makanan yang unik dengan rasa yang nagih serta harga yang sangat ramah di kantong alias murah meriah. Soto gudangan menjadi warung makan rekomendasi saat berada di wilayah Ungaran. Jika penasaran, langsung datang saja ke Jalan MT Haryono atau langsung menggunakan aplikasi Google Maps.

 

 

Penulis: Dani Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

kuliner khas kabupaten semarangMuriaNewssogud alias soto gudangansoto gudangan khas ungaranwisata semarang