Perkotaan Purwodadi Grobogan Bakal Lebih Berkilau

Jalan S Parman Purwodadi, menjadi salah satu titik yang mungkin dipasang lampu hias jalan. (Murianews/Saiful Anwar)

MURIANEWS, Grobogan – Kawasan perkotaan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terus dipercantik oleh pemerintah setempat. Terbaru, salah satu titik di sana bakal dipasang lampu hias. Rencananya ada sepuluh bentangan lampu penghias jalan.

Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan menargetkan, lampu hias itu sudah terpasang paling lambat pada akhir tahun ini. Itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Grobogan Mundakar.

”Letaknya masih dipertimbangkan, mau ditaruh di titik mana. Baru direncanakan, meniru seperti jalan di kota-kota besar,” ujar Mundakar, Kamis (4/8/2022).

Secara teknis, kata Mundakar, calon lokasi untuk lampu hias jalan itu tidak kejatuhan ranting pohon dan dedaunan. Dia enggan menyebut anggaran untuk pembuatan lampu hias jalan tersebut.

“Anggarannya belum (dipastikan besarannya, red). Kira-kira jumlah lampu hias jalannya sepuluh bentangan, atau berapa. Kalau ini baru pertama kalinya, sampel begitu lah,” imbuhnya.

Baca: Ambil Bola di Bawah Tiang Lampu, Bocah 10 Tahun di Grobogan Tewas Tersengat Listrik

Selain merencanakan lampu hias jalan itu, Dishub Grobogan juga baru saja menambah penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Gajah Mada Purwodadi, baru-baru ini. Tepatnya di ruas yang terdapat penyempitan jalan.

Mundakar menerangkan, Dishub setiap bulan juga masih rutin memperbaiki lampu jalan yang rusak di seluruh wilayah Grobogan.

”Setiap kali ada informasi, sebisa mungkin ditindaklanjuti. Tapi kami melihat juga materi kerusakannya terlebih dahulu,” paparnya.

Penyebab kerusakan lampu di jalan itu antara lain korsleting listrik, sensornya mati, hingga pencurian perangkat penerang jalan oleh warga.

 

Reporter:  Saiful Anwar
Editor: Zulkifli Fahmi

GROBOGANinfo muriaLampu HiasPerkotaan PurwodadiPurwodadi