Metro Jateng

Dibayar Rp 120 Juta, Ini Identitas dan Peran Pelaku Penembakan Istri TNI di Semarang

Lima tersangka kasus penembakan istri TNI di Semarang dihadirkan dalam jumpa pers di Mapolda Jateng. (Tangkap Layar YouTube Polda Jateng)

MURIANEWS, Semarang – Para pelaku penembakan istri TNI berinisial R (34) di Semarang ternyata dibayar Rp 120 juta. Pembayaran tersebut diberikan Kopda M suami korban setelah korban dilarikan ke rumah sakit.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, total ada lima tersangka yang diamankan dalam kasus tersebut. Kelima tersangka ini memiliki peran dan tugas berbeda-beda dalam menjalankan aksinya.

”Dari lima tersangka tersebut ada Sugiono alias Babi, Ponco adi Nugroho, Supriyono, Agus Santoso, dan Dwi Sulistiyono,” katanya seperti dikutip dari laman YouTube Polda jateng, Senin (25/7/2022).

Baca: Tak Hanya Ditembak, Istri TNI di Semarang Juga Pernah Disantet Suaminya

Ia menyebutkan, untuk Sugiono dan Ponco Adi merupakan eksekutor penembakan. Keduanya merupakan orang yang mengendarai motor Ninja yang saat ini catnya sudah diubah.

”Sedangkan, Supriyono dan Agus Santoso bertugas sebagai pengawas. Keduanya yang mengendarai sepeda motor Beat,” ungkapnya

Sementara, untuk satu tersangka Dwi Sulistyo merupakan penyedia jasa pengadaan senjata api rakitan yang digunakan untuk mengeksekusi korban.

”Dalam penembakan yang dilakukan terjadi dua kali penembakan. Penembakan pertama tembus. Lalu Kopda M memerintahkan penembakan kedua yang proyektilnya bersarang di tubuh korban,” terangnya.

Setelah penembakan tersebut, lanjut Kapolda, korban langsung dilarikan ke rumah sakit. Kopda M yang turut mengantar langsung menghubungi para pelaku untuk pembayaran.

Baca: Punya Pacar lagi Jadi Motif Kopda M Tega Dalangi Penembakan Sang Istri

”Pembayarannya di toko moderen yang berjarak 300 meter dari rumah sakit. Jumlah uang pembayarannya Rp 120 juta,” tambahnya.

Uang pembayaran tersebut langsung dibagi oleh para pelaku. Beberapa pelaku menggunakan uang tersebut untuk membeli motor dan perhiasan yang saat ini menjadi barang bukti.

Sementara Kopda M yang menjadi otak penembakan melarikan diri dan kini tengah dalam pengejaran tim gabungan TNI-Polri.

 

Reporter: Supriyadi
Editor: Supriyadi

Istri TNIKopda MPolda JatengsemarangTim gabungan TNI-Polri