Cabai dan Bawang Sebabkan Inflasi di Kudus

Pedagang cabai dan bawang di Pasar Bitingan Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus pada bulan Juni 2022 kembali mengalami inflasi sebesar 0,66 persen, dengan indeks Harga Konsumen (IHK) yakni sebesar 110,59. Cabai dan bawang menjadi salah satu komoditas penyumbang inflasi.

Angka inflasi di Kudus tersebut terbilang masih rendah dibanding daerah pembanding lainnya di Jawa Tengah seperti Kota Semarang sebesar 0,93 persen, Kota Surakarta sebesar 0,89 persen, dan Kota Cilacap yang mengalami inflasi sebesar 0,71 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS0 Kudus Rahmadi Agus Santosa menyampaikan, pemicu tingginya inflasi di Kudus pada bulan Juni kemarin karena naiknya harga barang-barang di delapan kelompok pengeluaran.

Adapun tujuh kelompok pengeluaran itu adalah kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya yang menyumbang inflasi sebesar 0,76 persen, kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,25 persen, serta kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 1,51 persen.

Kelompok yang menyumbang inflasi lainnya adalah kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,23 persen, kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 1,11 persen, dan kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,58 persen.

Baca: Inflasi Tinggi, Bukti Masyarakat Kudus Royal Belanja?

Serta kelompok lainnya adalah kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,04 persen dan kelompok kesehatan 0,18 persen.

”Adapun komoditas yang menyebabkannya adalah kenaikan di harga bawang merah, cabai merah, nasi dengan lauk, telur ayam ras, hingga cabai rawit,” katanya, Senin (4/7/2022).

Walau begitu, ada sejumlah kelompok yang masih stabil di bulan Juni. Di antaranya kelompok pengeluaran pendidikan dan kelompok pengeluaran informasi komunikasi dan jasa keuangan.

”Komoditasnya masih stabil harganya untuk kelompok pengeluaran transportasi bahkan mengalami deflasi,” pungkas Rahmadi

Sebagai informasi, tingkat inflasi pada tahun kalender Juni 2022 adalah sebesar 4,02 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Juni 2022 terhadap Juni 2021) sebesar 5,03 persen.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusinflasikudus