Wow! Fosil di Museum Patiayam Kudus Ternyata Sebanyak Ini

Koordinator Museum Patiayam, Jamin membersihkan fosil hewan purba. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Museum Patiayam, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ternyata telah menyimpan koleksi fosil hewan purbakala yang sangat banyak.

Fosil hasil temuan dari sejumlah titik di Kawasan Pegunungan Patiayam tercatat sudah ada 9.600 yang sudah terdata. Jumlah itu berasal dari 17 spesies.

Terdiri dari gajah, kerbau, harimau, sapi, anoa, dan banteng. Lalu ada rusa, badak, anjing, kucing, dan hewan-hewan laut. Ada juga hiu putih, buaya, kura-kura, keong, kijing, dan kerang.

Ribuan fosil yang sudah didata itu merupakan fosil yang tercatat sejak 2004 sampai 2021. Fosil yang sudah didata itu telah melalui berbagai tahapan, seperti identifikasi, konservasi, rekonstruksi, dan pendataan.

”Mulai dari spesies laut, rawa, dan darat sudah kami data. Walaupun sebenarnya masih ada juga yang belum,” kata Jamin, Koordinator Museum Patiayam, Kamis (30/6/2022).

Baca: Fosil Banteng Purba Diselamatkan dari Tepi Bengawan Solo di Blora

Sementara itu, untuk fosil yang yang belum terdata ada sekitar seribuan. Yakni untuk fosil hasil temuan pada tahun 2019 dan 2022.

Pihaknya akan terus melakukan identifikasi, meliputi penentuan jenis fragmen dan pengelompokan spesies.

”Kami mengelompokkannya per spesies. Misalnya spesies bovidae, servidae, veliidae, dan suidae. Kalau benar-benar mengelompokkan ke jenis hewannya butuh waktu yang lebih lama lagi,” sambungnya.

Baca: Nyaris Dijual ke Kolektor, Museum Patiayam Selamatkan Fosil Tengkorak Hewan Purba

Dalam sehari, pihaknya dapat mengidentifikasi delapan sampai sepuluh spesies. Jumlah tersebut dirasa sudah maksimal.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Berita KudusfosilkudusMuseum Patiayam