Sapi Perah di Kudus Diutamakan Dapat Vaksinasi PMK, Ini Alasannya

Foto: Peternak saat memerah sapi perahnya. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kudus, Jawa Tengah akan dimulai Kamis (30/6/2022) besok. Dalam vaksinasi PMK ini, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus bakal mengutamakan vaksinasi bagi sapi perah terlebih dahulu.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispertan Kabupaten Kudus Agus Setiawan memberikan penjelasan alasan memvaksin sapi perah terlebih dahulu. Menurutnya, sapi perah lebih rentan daripada sapi potong.

”Untuk sapi perah masa pemeliharaannya lama. Artinya, tingkat risiko terpapar PMK lebih besar jika dibandingkan dengan sapi potong,” katanya, Rabu (29/6/2022).

Namun, pihaknya tidak terpaku hanya berfokus pada vaksinasi sapi perah. Tetapi, juga memfokuskan pada sapi potong dengan usia di bawah satu tahun.

Baca juga: Cegah Meluasnya PMK, Satu Ekor Sapi di Kudus bakal Divaksin Tiga Kali

”Kalau sudah sapi perah dan sapi potong usia di bawah satu tahun, kami baru mengarah ke vaksinasi untuk sapi dengan usia di atas satu tahun. Termasuk juga sapi yang sudah dipelihara lebih dari satu tahun,” sambungnya.

Agus melanjutkan, pihaknya memfokuskan vaksinasi sapi untuk daerah dengan tingkat terpapar sedikit. Dia menjelaskan, vaksinasi PMK diperuntukkan bagi sapi dengan kondisi sehat.

”Kalau sapi yang sudah terpapar, kami fokusnya lebih ke pengobatan dan penyembuhan. Karena sebenarnya kalau ternak yang sudah perbah terpapar itu dia sudah kebal dengan PMK,” sambungnya.

Agus berharap PMK dapat terkendali. Sehingga peternak dapat bergeliat kembali.

”Harapannya pasti PMK dapat terkendali. Sehingga produktivitas peternak bisa bergeliat lagi,” harapnya.

Diketahui, per hari ini, ada 452 hewan ternak yang suspek PMK. Kemudian sebanyak 269 hewan ternak dinyatakan sembuh.

Kemudian, 23 hewan ternak dipotong paksa. Sedangkan yang mati ada dua ekor. Sementara itu, sebanyak 11 hewan ternak dinyatakan positif PMK.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

MuriaNewsperkembangan PMK di Kudussapi perah prioritas vaksinasi PMKvaksinasi PMK di kuduswaspada PMK pada sapi