Tahun Ini Pemkab Kudus Usulkan 518 Formasi PPPK, Guru Paling Banyak

Pelamar PPPK Guru tengah melaksanakan seleksi kompetensi di SMAN 2 Kudus, beberapa waktu lalu. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, mengajukan usulan lowongan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada tahun 2022 sebanyak 518 formasi.

Dari jumlah itu, sebagian besarnya ada pada formasi tenaga pendidik, kemudian sisanya untuk lowongan tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

Usulan tersebut pun telah dikirimkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Jumlah tersebut bisa saja berubah, seiring dengan ketetapan kementerian yang berwenang.

”Itu usulan dari kami, nanti disetujuinya berapa kami masih menunggu arahan dari kementerian,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Putut Winarno, Kamis (29/6/2022).

Baca: Dilantik, Ratusan Guru PPPK Kudus Diberi Wejangan Ini oleh Bupati

Dia menambahkan, Kabupaten Kudus pada tahun ini memang tidak membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Sehingga permintaan alokasi rekrutmen pegawai melalui seleksi PPPK diperbanyak.

”Jumlah itu pun sebenarnya belum bisa mencukupi kebutuhan ideal pegawai, makanya kami harapkan itu bisa tercover semua,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Kudus diketahui masih membutuhkan ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjalankan roda pemerintahan yang optimal. Di tahun 2022 ini , Pemkab Kudus hanya memiliki sebanyak 6.640 ASN.

Baca: Formasi PPPK Kudus Tunggu Pengumuman BKN

Kemudian untuk jumlah ASN yang pensiun di tiap tahunnya adalah sekitar 500 ASN. Jumlah tersebut, tak sebanding dengan perekrutan ASN yang dilakukan Pemkab Kudus baik lewat CPNS maupun PPPK.

Pada tahun ini saja, hanya ada sebanyak 430 ASN yang diterima Pemkab Kudus. Dengan rincian 367 PPPK guru, kemudian 32 PPPK non guru, dan 31 orang CPNS nonguru.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Cholis Anwar

518 formasiguru paling banyakpppk kudus