Lampu Kudus City Walk Dilepas, Ini Alasannya

Petugas menurunkan lampu City Walk Sunan Kudus, Selasa kemarin (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan untuk melepas semua lampu gantung yang ada di kawasan Kudus City Walk Jalan Sunan Kudus. Alasannya karena dirasa membahayakan pengendara bila sewaktu-waktu lampu tersebut jatuh mengingat kondisinya tidak kokoh lagi.

”Iya biar diturunkan dulu saja, supaya bisa diperbaiki di bawah, kalau di atas terus nanti takut rontok dan jatuh,” katanya Hartopo, Rabu (28/6/2022).

Pemkab, lanjut Hartopo selama ini memang belum punya anggaran khusus untuk melakukan perawatan pada lampu-lampu di kawasan City Walk Sunan Kudus. Sehingga ketika terjadi kerusakan, perbaikannya belum bisa maksimal.

”Walau begitu kami sudah menginstruksikan dinas terkait untuk lebih proaktif lagi dalam merawat kawasan itu. Baik dari segi lampu, fasilitas, dan kebersihannya,” pungkas Hartopo.

City walk Sunan Kudus sendiri merupakan angan besar Pemkab Kudus untuk memboyong konsep areal pedestrian Malioboro di Kota Yogyakarta untuk diterapkan di Jalan Sunan Kudus di Kecamatan Kota.

Baca: Lampu City Walk Sunan Kudus yang Dicopot Ternyata Sumbangan

Pemkab, kemudian merealisasikannya dengan menghabiskan anggaran belasan miliar untuk pembangunan kawasan tersebut.

Setahun lebih berselang banyak yang berubah dari kawasan pedestrian yang sempat dibanggakan pemerintah daerah tersebut. Bukan ke arah yang lebih baik, melainkan ke arah yang cukup memprihatinkan karena banyaknya bagian-bagian dari jalan tersebut tidak terawat.

Pantauan di lapangan, keadaan yang paling memprihatinkan adalah lampu-lampu hias di area simbol City Walk Sunan Kudus. Kondisinya banyak yang bergelantungan dan lepas begitu saja dari tempatnya.

Baca: Penataan Lapak PKL Kerajinan Kudus City Walk Ditunda, Ini Sebabnya

Kemudian taman di bawah simbol City Walk Sunan Kudus juga mulai ditumbuhi rumput ilalang dan kurang terawat. Belum dengan pos polisi yang berada di sampingnya juga tampak banyak coretan-coretan orang tidak bertanggung jawab.

Keran-keran di kawasan tersebut juga tampak hilang beberapa, lampu-lampu jalan yang awalnya untuk memperindah kawasan tersebut kini satu per satu juga mulai lepas dan kerap terurai ke jalan raya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Cholis Anwar

hartopo intruksikan lampu kudus city walk dicopotKudus City Walklampu kudus city walk