Duh, Banyak Tumpukan Sampah Terlihat di Bawah Jembatan Kali Gelis Kudus

Foto: Sampah menumpuk di bawah Jembatan Kali Gelis, Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Pemandangan cukup memprihatinkan terlihat di bawah Jembatan Kali Gelis, Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Di mana, banyak sampah yang menumpuk di bawah jembatan.

Pengamatan Murianews, tumpukan sampah terlihat cukup banyak di bawah jembatan, baik pada sisi utara maupun selatan. Sampah tersebut terdiri dari bambu, batang pohon pisang, stereofoam, bungkus makanan, bungkus sabun, plastik dan lainnya.

Kepala Desa Langgardalem M Khoirul Amin mengatakan, pembuang sampah tersebut dirasa bukan berasal dari warga Desa Langgardalem. Menurutnya, warga setempat sudah sering diimbau untuk tidak membuang sampah di Kali Gelis.

Baca juga: Harga Daging Sapi di Kudus Naik Jadi Rp 130 Ribu per Kilogram, Daya Beli Turun

”Oknum yang membuang sampah di situ saya pastikan bukan warga sini (Desa Langgardalem, red). Tetapi warga dari luar desa. Mereka biasanya membuang sampahnya malam hari,” katanya, Selasa (28/6/2022).

Ia mengatakan, pihaknya setiap tiga bulan sekali mengadakan kegiatan untuk membersihkan Kali Gelis. Pihaknya juga menyebutkan, kebersihan sungai juga menjadi tanggungjawab Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus.

”Selain kewajiban kami, Dinas PKPLH Kudus juga memiliki tanggungjawab untuk kebersihan sungai,” sambungnya.

Ke depannya pihaknya juga akan bersinergi dengan Dinas PKPLH Kudus. Sehingga sampah di bawah Jembatan Kali Gelis dapat tertangani.

”Harapan kami dinas terkait, dalam hal ini dapat bersinergi untuk menangani sampah,” imbuhnya.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Dani Agus

banyak tumpukan sampah di bawah jembataninfo kudusjangan buang sampah di sungaijembatan kali gelis kudusMuriaNewssampah bisa jadi biang banjir