Murianews Terpilih Ikuti Pendampingan Tingkat Lanjut dari Internews

Proses pendampingan tingkat lanjut yang digelar Nesgain-Internews kepada Murianews.com, Harapanrakyat.com, dan HarianJogja.com di Yogyakarta. (Murianews)

MURIANEWS, Yogyakarta – Murianews.com bersama empat media online lokal lain dari berbagai daerah di Indonesia terpilih mendapatkan pendampingan tingkat lanjut dari Newsgain-Internews. Lima media ini terpilih dari 391 media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI).

Selain Murianews.com, empat media lain yang terpilih yakni Harapanrakyat.com, Harianjogja.com, Jubi.id, dan Kabarmakasar.com. Proses pendampingan digelar mulai Senin (27/6/2022) hingga 2 Juli 2022 mendatang.

Lima media ini mendapatkan pendampingan mengenai Media Sustainability and Community Engagement Fellowship Oversight.

Newsgain merupakan organisasi nirlaba yang selama ini mempunyai pengalaman memberikan pendampingan dari aspek bisnis dan manajemen pada media online di berbagai negara. Program pendampingan ini merupakan kerja sama antara AMSI dengan Internews.

Tiga pakar dari Newsgain dihadirkan untuk mendampingi, yakni Jason Lambort, Senior Director of Media Business Newsgain, Elshad Gojayev sebagai Manajer Kinerja Digital Newsgain, dan Titi Kusumandari, Internews Sustainability Officer.

Pendampingan untuk Murianews.com bersama Harianjogja, dan Harapanrakyat dilakukan di Yogyakarta mulai 27 Juni 2022 hingga 29 Juni 2022. Sementara Jubi dan Kabar Makasar dilakukan pendampingan di Makasar mulai 30 Juni 2022 hingga 2 Juli 2022.

Baca: Dorong Media Lokal Perkuat Kualitas, AMSI Sempurnakan Modul Pelatihan Media Dampingan

Wakil Ketua I AMSI Suwarjono mengatakan, lima media ini terpilih setelah proses seleksi selama kurang lebih satu setengah tahun. Dengan pendampingan ini diharapkan media online terpilih bisa menjadi pilot project untuk model bisnis dan keberlangsungan media siber di Indonesia.

”Apalagi media saat ini menghadapi situasi yang tidak baik-baik saja. Tantangan berat, selain model bisnis media online yang belum menemukan bentuk, ada tantangan dari media sosial di era generasi baru ini yang masyarakat lebih mengenal medsos,” katanya.

Sementara Eric Sasono dari Internews Indonesia mengatakan, jika program ini sudah bergulir pada gelombang kedua. Untuk gelombang pertama telah terpilih lima media untuk mengikuti pendampingan tingkat lanjut, sementara gelombang dua tengah masuk ke sepuluh besar media terpilih.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

internewskudusMuriaNews