Majelis Syura PKS: Saatnya Kita Naik Kelas

Ketua Majelis Syura PKS, Habib Salim Segaf Al-Jufri menjalin silaturahim dengan Habib Anis Sholeh Ba’asyin Pati, Jumat (24/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Habib Salim Segaf Al-Jufri menyebut partainya sudah lama berada di kelas menengah. Ia pun berharap PKS bisa naik kelas saat Pemilu 2024.

Ini diungkapkan Habib Salim saat berkunjung di kediaman Habib Anis Sholeh Ba’asyin, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022) kemarin.

Pada Pemilu 2024 nanti, ia berharap PKS bisa meraih kursi lebih banyak dibanding Pemilu periode sebelumnya (2019).

Baca: Habib Anis Pati Sebut PKS Tak Punya “Akar”

”Target kursi, InsyaAllah nanti meningkat. Sudah lama kami menjadi partai menengah. Sudah lama kami ndak naik-naik. (Kalau) mahasiswa selama 10 tahun kan sudah semester berapa itu. Kami ingin naik kelas. InsyaAllah,” ujar Habib Salim.

Diketahui, Fraksi PKS mempunyai 50 kursi dari total 575 kursi di DPR RI atau mendapatkan 11.493.663 suara (8,21 persen) dari Pemilu 2019 lalu. PKS menempati urutan ke 7 dari 9 partai yang memiliki kursi.

Sementara itu, budayawan sekaligus cendekiawan muslim asal Kabupaten Pati, Habib Anis Sholeh Ba’asyin berpesan, agar PKS mendulang suara di kalangan bawah. Ia menyarankan PKS untuk sering-sering bersilaturahim ke bawah.

Saran ini disampaikan, mengingat PKS tidak mempunyai basis masa dari organisasi lainnya seperti partai yang bercorak Islam lainnya.

Menurut Habib Anis, PKS tak seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang punya akar rumput organisasi muslim.

”Kalau PKB punya akar di Nahdiyin (NU). Kalau PAN memakai akar di kalangan Muhammadiyah. PKS kan ndak punya akar artinya ndak punya masa, organisasi politik murni,” kata Habib Anis.

”Jadi harus sering membina silaturahim ke semua kalangan. Merangsak masuk ke bawah. Tanpa itu ndak punya alat dan ndak punya kaki,” tandas Habib Anis.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Habib Anis SholehMajelis Syura PKSpatiPKSSafari PKS di Pati