Habib Salim Sebut Anies Masuk Bursa Capres 2024

Ketua Majelis Syura PKS, Habib Salim Segaf Al-Jufri menjalin silaturahim dengan Habib Sholeh Ba’asyin Pati, Jumat (24/6/2022). (Murianews/Umar Hanafi)

MURIANEWS, Pati – Nama Anies Baswedan disebut Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al-Jufri sebagai kandidat calon Presiden yang diusungnya. Mengingat elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu sedang tinggi-tingginya.

Itu diungkapnya saat berkunjung di rumah Habib Anis Sholeh Ba’asyin di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Jumat (24/6/2022). Sementara posisi calon Wakil Presiden nantinya berasal dari partainya.

Namun, kerangka itu masih belum pasti. Mengingat, koalisi masih tahap penjajakan. Habib Salim juga menyebut pimpinan koalisi berhak mengusung calon Presiden dari partainya.

Baca: Habib Anis Pati Sebut PKS Tak Punya “Akar”

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan nama-nama yang akan diusung jadi calon Wakil Presiden. Saat ini, nama-namanya masih digodok.

”Kita akan mengusung, termasuk nominasinya Anis Baswedan, termasuk ketua partai-partai lain. Termasuk kader PKS bisa menjadi wapresnya. Semua bisa terjadi. Tapi tergantung kita koalisi nanti,” tuturnya di kediaman Habib Anis Sholeh Ba’ansyin.

Menurutnya, keputusan nama calon Presiden dan Wakil Presiden yang akan diusung masih jauh. Saat ini pihaknya masih menjalin komunikasi dengan partai-partai lain untuk membentuk koalisi.

Koalisi bertujuan agar partai berlambang padi diapit dua bulan sabit itu bisa mengusung calon presiden dan calon wakil presiden dalam Pemilu 2024. Mengingat syarat mencalonkan presiden minimal mempunyai 20 persen kursi di DPR RI.

Namun ia masih merahasiakan partai-partai mana saja yang sedang diajak berkoalisi. Ia menegaskan saat ini pihaknya sedang menjalin komunikasi.

”Untuk mencapai 20 persen (kursi di DPR) kami nantinya pasti koalisi. InsyaAllah dengan partai yang ada (di parlemen). Kalau partai ndak ada, ndak mungkin koalisi. Pasti dengan partai-partai yang ada kita akan berkoalisi,” kata Habib Salim.

Diketahui, baru-baru ini Presiden PKS Ahmad Syaikhu menjalin pertemuan dengan Ketua Umum Partai NasDem Suryo Paloh. Pertemuan itu untuk menjajaki kemungkinan koalisi untuk mengusung calon presiden.

 

Reporter: Umar Hanafi
Editor: Zulkifli Fahmi

Anies BaswedanBursa Capres 2024info muriapatiPKS