Kudus Diberi Jatah 500 Dosis Vaksin PMK

Pengecekan hewan ternak di Pasar Hewan Kudus beberapa waktu lalu. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendapat jatah vaksin virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk tahap pertama sebanyak 500 dosis. Penyuntikan vaksin itu akan mulai dilakukan pekan depan hingga 2 Juli 2022 mendatang.

Subkoordinator Produksi dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kudus Sidi Pramono mengatakan, Kabupaten Kudus memang hanya mendapat sedikit vaksin untuk tahap pertama ini.

Mengingat jumlah ternak yang terpapar PMK di Kota Kretek masih terbilang rendah dibanding daerah lainnya di Jawa Tengah.

”Di Jateng kan dapat alokasi sekitar 75 ribu. Nah ini dibagi-bagi ke sejumlah kabupaten/kota prioritas. Kudus karena dirasa tidak terlalu parah, maka diberi alokasi 500 itu,” katanya, Sabtu (25/6/2022).

Baca: Kementan Datangi Kudus, Cari Data soal PMK dan Vaksinasi

Dia menyebut, nantinya hewan ternak yang akan mendapat prioritas vaksin ini adalah sapi jenis perah. Hal tersebut dikarenakan perawatan jenis sapi ini sangatlah lama apabila terkena PMK.

”Ini juga instruksi dari pusat, maka akan langsung kami jalankan,” ujarnya.

Pihak Dispertan sendiri, ujar dia, akan mengajukan alokasi vaksin kembali untuk tahap kedua. Sehingga jumlah populasi ternak yang bisa mendapat vaksin bisa semakin luas.

”Nantinya kami akan meminta lagi jumlah vaksinnya. Untuk sementara kami akan fokus menangani ternak suspek PMK dan melakukan vaksinasi pada ternak sapi perah dan jenis lainnya,” pungkas Sidi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kuduskuduspenyakit kuku dan mulutPMKVaksin PMK