Jumlah CCTV di Jalanan Kudus Kurang, Tapi Belum Ada Anggaran

Petugas Dishub Kudus, Jawa Tengah memantau lalu lintas yang terekam CCTv di ruang kontrol. (Murianews/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus — Jumlah CCTV di sejumlah titik di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, saat ini ada 26 unit. Jumlah itu dinilai masih kurang untuk memantau aktivitas lalu lintas dan keamanan di jalanan.

Meski demikian, dalam waktu dekat Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus belum akan melakukan penambahan. Penyebabnya, belum ada anggaran.

Kepala Seksi Sarana Prasana Lalu Lintas Angkutan Jalan Dishub Kudus Nanang Ary mengatakan, pihaknya saat ini memfokuskan untuk meningkatkan kualitas view dan kualitas jaringan saja.

Sehingga bisa merekam minimal dua ruas jalan di tiap-tiap kamera CCTV.

”Termasuk kalau kurang tinggi, kami pindah lokasi CCTV nya. Kemudian soal kualitas jaringan kalau gambarnya jelek, karena jaringannya macet-macet, kami panjat dan kami perbaiki,” katanya, Sabtu (25/6/2022).

Baca: Ada 26 CCTV di Kudus Pantau Lalu Lintas di Jalan, Ini Titik-titiknya

Nanang tidak menampik jika pihaknya masih membutuhkan CCTV tambahan di berbagai titik. Seperti di Perempatan Universitas Muria Kudus, Simpang Tiga Ngembalrejo, dan Perempatan Mejobo.

”Paling tidak membutuhkan lima unit CCTV lagi di jalan utama,” sambungnya.

Namun, pihaknya tidak memiliki anggaran untuk pengadaan CCTV tahun ini. Anggaran yang tersedia hanya untuk pemeliharaan saja.

:Kami hanya punya anggaran untuk pemeliharaan saja sebesar Rp 84.500.000,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Nanang, satu unit CCTV membutuhkan biaya pemeliharaan sebesar Rp 3.250.000. Besaran itu untuk biaya jasa membersihkan bagian unit CCTV dan jasa manjat setiap kali CCTV mengalami kerusakan jaringan.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Berita KudusCCTVDishub Kudusinfo kuduskudus