Kejuaraan Tenis Meja ASEAN

Bekuk Laos 3-0, Timnas Putra Indonesia Lolos ke Semifinal

Benyamin Mulia menang telak dengan sekor 3-0 atas pemain Laos Phinith Kongphet. (Murianews/Budi Erje)

MURIANEWS, Bangkok – Timnas Putra Tenis Meja Indonesia berhasil lolos ke semifinal Souteast Asian Tennis Table Championship (SEATTC) 2022 di nomor beregu, Kamis (23/6/2022).

Kepastian ini terjadi setelah Hafidz Nuur dkk berhasil mengalahkan Tim Laos dengan skor 3-0 di Babak Penyisijan Grup A yang digelar di Island Hall, Fashion Hall, Bangkok.

Kemenangan ini membuat Tim Indonesia berada di posisi runner up Grup A dan berhak lolos ke semifinal. Sementara juara Grup A ditempati Singapura yang sebelumnya mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1.

Benyamin Mulia yang turun pertama berhasil membukan kemenangan telak dengan sekor 3-0 atas Phinith Kongphet. Pemain asal Jakarta ini menang dengan skor 11-5, 11-7, dan 11-6.

Selanjutnya, pemain andalan Tim Indonesia, Rafanael N Niman kembali mempersembahkan poin bagi timnya, dan merubah skor tim menjadi 2-0. Rafanael untuk ketiga kalinya berhasil menang di babak penyisihan, setelah berhasil mengatasi Sengarthid Vongdalisinh dengan tiga set langsung.

Rafanael di babak pertama berhasil menang dengan mudah, 11-3. Demikian pula di set kedua, kembali dirinya bisa menang dengan 11-3. Sedangkan di set ke-3, pemain Indonesia ini mengandaskan perlawanan Vongdalisinh dengan skor 11-6.

Di pertandingan ketiga, Pelatih Lee Kim Wong memainkan Hafidz Nuur Annafi untuk menghadapi pemain Laos, Anane Vongsa. Pemain asal PTM Kudus ini menjawab dengan penampilan sangat baik atas kepercayaan yang diberikan pada dirinya. Sebelummya saat menghadapi Singapura, Hafidz Nuur, tidak dimainkan Lee Kim Wong.

Mendapatkan kesempatan bermain, Hafidz sempat sedikit mengalami masalah di awal-awal pertandingan. Namun pelan tapi pasti, Hafidz berhasil menguasai permainan.

Dalam waktu tidak begitu lama, Hafidz berhasil menang dengan skor 3-0, masing-masing dengan 11-7, 11-5 dan 11-5.

Kemenangan ini, memastikan Timnas Indonesia di bagian Putra berhasil lolos ke Semifinal. Hafidz Nuur dkk akan menghadapi lawan sangat berat, antara Thailand atau Vietnam, atau bahkan mungkin Malaysia.

Tiga tim ini memiliki pemain-pemain dengan kualitas teknik diatas rata-rata. Bahkan ketika tim-tim lain sudah menyelesaikan pertandingan, Thailand dan Vietnam yang berada di grup yang sama masih harus saling berhadapan.

Grup B untuk kelompok Beregu Putra memang menciptakan grup neraka, dengan empat tim kuat harus bersaing didalamnya. Selain Malaysia, Thailand dan Vietnam, di grup ini juga bercokol tim Filipina.

Sampai saat berita ini di kirim, belum bisa dipastikan tim mana dari Grup B yang akan lolos ke Semifina, karena pertandingan masih berlangsung.

Sedangkan di Grup A, dua tim dipastikan akan bertarung di semifinal. Masing-masing adalah Tim Singapura dan Timnas Indonesia. Pertandingan semifinal itu sendiri baru akan digelar pada Jumat (24/6/2022) besok.

 

Hasil Pertandingan Timnas Putra Indonesia Vs Laos di SEATTC 2022 Bangkok:
Benyamin Mulia Pratikto 3-0 Phinith Kongphet
Rafanael N Niman 3-0 Sengarthid Vongdalisinh
Hafidz Nuur 3-0 Anane Vongsa

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

#timnasberegu putraindonesiaKejuaraan Tenis Meja ASEANSemifinaltenis meja