Jembatan Kali Wiso Diharap jadi Ikon Baru Jepara

Pj Bupati Jepara meninjau pembongkaran Jembatan Kali Wiso. (Murianews/Faqih Mansur Hidayat)

MURIANEWS, Jepara – Jembatan Kali Wiso di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kini tengah dibongkar untuk dibangun ulang. Nantinya diharapkan jembatan itu bisa menjadi ikon baru Jepara.

Ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat meninjau pembongkaran Jembatan Kali Wiso, Kamis (23/6/2022).

Meskipun Jembatan Kali Wiso menjadi salah satu jembatan tertua, jembatan yang menghubungkan Jalan Kartini dan Jalan Ahmad Yani itu masih belum bisa disebut ikon Jepara.

Pasalnya, jembatan tersebut tak banyak menonjolkan kekhasan Jepara. Terutama ukiran yang hanya ditempel di beberapa sisi.

”Kami sangat mendukung perbaikan jembatan ini. Harapannya Jembatan Kaliwiso ini nanti akan menjadi lebih bagus dan menjadi ikon Jepara,” katanya.

Baca: Jembatan Kali Wiso Jepara Dibongkar, Pengendara Siap-Siap Jalan Memutar

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 Provinsi Jawa Tengah Hadi Suprayitno menjelaskan, jika perbaikan Jembatan Kali Wiso ini didasari oleh evaluasi teknis dari sisi struktur jembatan ini.

”Dari evaluasi yang dilakukan kawan-kawan, bahwa jembatan ini layak dilakukan penggantian struktur secara total daripada hanya dilakukan perbaikan minor,” terang Hadi.

Jembatan ini, kata Hadi, pondasinya hanya bermaterial batu bata dan sudah berusia tua. Sehingga dengan sudah menjadi jalan nasional maka dilakukan penguatan struktur dengan membongkar secara keseluruhan.

Konstruksi yang ada akan diubah menjadi balok girder. Pengerjaan diperkirakan berlangsung hingga akhir tahun 2022.

”Dimensi jembatan ini nanti panjangnya 20 meter dan lebarnya 23 meter. Kami harapkan selesai November 2022 mendatang dengan dukungan dari stakehokder, baik dari pemkab maupun pihak kepolisian,” jelas dia.

Lebih lanjut Hadi menjelaskan jika pembangunan jembatan ini menggunakan dana APBN sebesar Rp 11 miliar. Pembangunan Jembatan Kaliwiso menjadi bagian dari satu paket meliputi jalan Semarang-Kudus-Jepara.

Selama perbaikan jembatan ini, lalu lintas dialihkan. Akses jalan ke Jepara dan Pati dialihkan ke beberapa titik.

 

Reporter: Faqih Mansur Hidayat
Editor: Ali Muntoha

berita jeparajembatan kali wisojepara
Comments (0)
Add Comment