Bupati Kudus Akui Pembangunan Infrastruktur Minim saat Pandemi

Bupati Kudus HM Hartopo. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengakui minimnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, selama masa pandemi Covid-19.

Dia beralasan, banyak dari anggaran daerah Kudus difokuskan untuk penanganan Covid-19 dalam kurun waktu dua tahunan ini.

Hal tersebut diungkapkan Hartopo saat menghadiri tradisi apitan sedekah bumi yang dilaksanakan di Desa Ngemplak, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022).

”Kami mengakui belum bisa berbuat banyak untuk pembangunan infrastruktur bagi masyarakat karena memang kemarin sedang fokus penanganan pandemi, sehingga anggarannya lari ke sana semua,” katanya.

Baca: Bupati Kudus Perintahkan BLT Buruh Rokok Segera Dicairkan

Lebih dari itu, anggaran daerah juga terserap ratusan miliar rupiah untuk aneka bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat. Sehingga sisa anggaran untuk pembangunan infrastruktur sangatlah minim.

”Di PUPR saja kini masih tidak ada pekerjaan karena anggarannya masih dialihkan untuk ke sana. Namun bagaimana lagi, karena anggarannya memang masih difokusan untuk Covid-19,” ujarnya.

Atas hal inilah Hartopo berharap para anggota dewan bisa menggunakan dana pokok pikirannya atau dana aspirasinya untuk membangun infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

”Kalau bisa kan mengarah ke sana. Karena bisa saja anggarannya lebih tersedia, namun dari pemerintah daerah akan terus berupaya membangun Kudus semaksimal mungkin,” tandas Hartopo

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Berita Kudusbupati kudusinfo kuduskudus