Dilaporkan ke BK, Legislator Gerindra Kudus Tanggapi Enteng

Sandung Hidayat, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Anggota DPRD Kudus dari Fraksi Gerindra Sandung Hidayat menanggapi enteng pelaporannya dirinya atas dugaan indisipliner rapat paripurna. Ia dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK) DPRD Kudus oleh Muhammad Asnawi, kader Partai Gerindra.

Sandung menilai, laporan tersebut hanya dampak kecil dari proses pergantian antarwaktu (PAW) salah satu rekannya di kursi DPRD Kudus.

”Kalau saya santai saja walau saya dilaporkan atas dugaan indisipliner. Itu kan karena hasil proses PAW rekan kami di Gerindra kemarin, entah mungkin kurang terima atau bagaimana,” kata Sandung, Kamis (23/6/2022).

Sandung sendiri punya pembelaan atas dugaan indisiplinernya. Di mana pada saat itu, Partai Gerindra memang telah sepakat untuk tidak menghadiri sidang paripurna pembahasan APBD Perubahan 2021.

”Itu kan yang diadukan adalah periode September dan Oktober saja, saat itu sedang pembahasan APBD Perubahan yang telat diajukan pemkab sampai gubernur saja tidak mau tanda tangan dan kami waktu itu menolak pembahasan tersebut, dan itu juga hak kami karena menganggap pembahasannya salah,” ujarnya.

Baca: Dilaporkan ke BK DPRD, Ketua Gerindra Kudus Angkat Suara

Walau begitu, Sandung memastikan akan tetap menghadiri pemanggilan Badan Kehormatan bilamana nantinya aduan tersebut akan diproses.

”Ya saya siap datang, memberikan ketarangan sebaik-baiknya, tiga teman kami yang dilaporkan juga akan melakukan hal yang sama,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, mantan Wakil ketua Badan Pemenangan Pemilu Gerindra Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Muhammad Asnawi, melaporkan empat anggota DPRD Kudus dari Fraksi Gerindra ke Badan Kehormatan DPRD Kudus.

Baca: Empat Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kudus Dilaporkan ke BK

Mereka dilaporkan karena dianggap melanggar pasal 193 ayat (2) huruf d UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah juncto pasal 134 ayat 3 huruf d tentang tata tertib DPRD Kudus.

Atau singkatnya mereka tidak tertib dalam menjalankan amanahnya sebagai anggota dewan yang dipilih rakyat Kudus, yakni mangkir dari rapat perumusan kebijakan maupun rapat paripurna lebih dari enam kali.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

#gerindraBerita KudusDPRD Kudusinfo kuduskudus