Penyaluran KUR UMKM Kelautan dan Perikanan Capai Rp 3,95 Triliun

Nelayan melakukan pembongkaran ikan di TPI Unit 1 Juwana. (MURIANEWS.com/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Jakarta – Upaya untuk membangkitkan ekonomi Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) sektor kelautan dan perikanan terus digenjot. Hal itu dengan cara menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara lebih masif.

Bahkan hingga Mei 2022, total penyaluran KUR untuk UMKM sektor kelautan dan perikanan sudah mencapai Rp 3,95 triliun atau meningkat 33,5 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Menteri Kelautan dan Perikanan Trenggono mengatakan, penyaluran KUR untuk sektor kelautan dan perikanan ini harus tumbuh. Sebisa mungkin angkanya terus bergerak naik, sebagai wujud kehadiran negara terhadap pelaku usaha kecil.

”Ini bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat untuk membantu usaha yang digeluti UMKM kita sehingga bisa tumbuh dan berkembang,” ujarnya, dikutip dari Sindonews.com, Kamis (23/6/2022).

Baca: Viral Video Penangkapan Ikan Lumba-Lumba Nelayan Pacitan, KKP Angkat Bicara

Ia menjelaskan, penyaluran KUR Rp 3,95 triliun tersebut menjangkau lebih dari 93 ribu debitur yang menjalankan usaha perikanan di hulu hingga hilir. Penyaluran KUR terbanyak untuk kegiatan usaha budi daya, perdagangan hasil perikanan, dan usaha penangkapan.

Dirinya menambahkan, di samping menyalurkan pinjaman modal usaha, pihaknya juga memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM penerima manfaat.

”Pendampingan dilakukan di aspek produksi, jaminan kualitas dan mutu, hingga akses pasar produk yang dihasilkan,” katanya.

Baca: Menteri KKP Berpotensi Memasukkan Kapal Asing

Langkah tersebut, merupakan untuk membantu pelaku usaha lebih produktif sehingga usaha yang digeluti dapat terus berkembang. Terlebih di tengah situasi pandemi yang belum juga berakhir dan tantangan ekonomi global.

”Kita harus aware supaya terjadi pertumbuhan ekonomi yang optimal bagi penerima dan wilayahnya. Pendampingan kami berikan sampai usaha itu kuat dan tumbuh,” katanya.

 

Penulis: Cholis Anwar
Editor: Cholis Anwar
Sumber: Sindonews.com

Menteri trenggonopenyaluran KUR UMKMUMKM Sektor perikanan dan kelautan